Modifikasi Mesin Perontok Bulu Unggas Dengan Metode REBA (Rapid Entirely Body Assessment)
PDF

Keywords

Ergonomi
Rapid Entirely Body Assessment (REBA)

How to Cite

Ismianto, A. M. ., Nevita, A. P. ., & Munawi, H. A. . (2020). Modifikasi Mesin Perontok Bulu Unggas Dengan Metode REBA (Rapid Entirely Body Assessment). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 159–166. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.138

Abstract

Usaha pemotongan unggas sering ditemui baik di desa maupun di pasar. Dalam proses pemotongan unggas terdapat proses pencabutan bulu unggas dari yang menggunakan cara manual, maupun dengan menggunakan alat. Pencabutan bulu dengan cara manual ini sebenarnya sudah ditinggalkan oleh beberapa rumah pemotongan modern dan beralih ke alat yang lebih mutakhir, namun untuk beberapa rumah pemotongan unggas masih menggunakan cara manual untuk menghemat biaya. Penelitian ini dilakukan di Desa Sukorejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri pada salah satu rumah pemotongan unggas yang masih menggunakan cara manual. Cara manual memang dapat menghemat biaya, namun cenderung menyebabkan cedera pada pekerja.  Untuk itu diperlukan penelitian guna mengatasi masalah tersebut dan merancang alat modifikasi untuk mempermudah proses pencabutan bulu ayam. Perancangan alat menggunakan metode pendekatan ergonomi serta analisis postur kerja dengan menggunakan REBA (Rapid Entire Body Assessment). Hasil skor REBA saat pencabutan bulu secara manual adalah 5 dengan level resiko sedang, yang berarti perlu dilakukan tindakan untuk mengurangi resiko cedera. Alat diuji coba dengan beberapa pekerja rumah pemotongan unggas, dan hasilnya alat dapat bekerja dengan baik. Para pekerja dapat mengoperasikan alat dengan mudah dan dapat membantu menyelesaikan pekerjaan mereka secara cepat. Dengan alat ini para pekerja merasa sangat terbantu dibandingkan dengan cara manual sebelumnya.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.138
PDF

References

Sugiharto, Prayitno. D. S. 2015. Kesejahteraan Dan Metode Penelitian Tingkah Laku Unggas. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Tanimola, O. A., Diabana, P. D. dan Bankole, Y. O. 2014. Design and Development of a De-Feathering Machine. International Journal of Scientific & Engineering Research. 5. (6): 208-2014.

Adejumo. A.O.D., Adegbie. A.M, Brai. S, Oni. O.V, dan Opadijo. O. O, 2013. The Effect of Machine and Poultry Parameters on Feather Plucking. Journal of Engineering Research and Application. 3. (16): 161-166.

Tanjung, M. dan Darmianto, P. 2014. Perancangan Fasilitas Kerja Untuk Mengurangi Keluhan Muskuloskeletal Disorders (MSDS) Dengan Metode Rapid Entirely Body Assessment pada Pekerja Pembuatan Paving dan Batako pada UKM Usaha Baru. J@TI Undip. 9. (2): 109-116.

Nugraha, H. A., Astuti, M., Rahman, A. 2013. Analisis Perbaikan Kerja Operator Menggunakan Metode RULA Untuk Mengurangi Risiko Muskuloskeletal Disorders (Studi Kasus pada Bagian Bad Stock Warehouse PT. X Surabaya). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Industri. Vol 1, No. 2. P.229-240.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sari, Endang S. 1993. Audience Research: Pengantar Studi Penelitian Terhadap Pembaca, Pendengar dan Pemirsa. Yogyakarta: Andi Offset.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Alkaf Mahi Ismianto, Ary Permatadeny Nevita, Hisbullah Ahlis Munawi

Downloads

Download data is not yet available.