Implementasi Metode Association Rule Untuk Menentukan Rekomendasi Promosi Produk Toko Arimbi Jilbab
PDF

Keywords

Association Rule
Prediksi
Promosi Produk

How to Cite

Fitriana, D. ., & Pamungkas, D. P. . (2020). Implementasi Metode Association Rule Untuk Menentukan Rekomendasi Promosi Produk Toko Arimbi Jilbab. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 127–132. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.132

Abstract

Dalam persaingan bisnis, pemilik usaha dituntut untuk mengatur strategi usaha yang baik, termasuk promosi dan pemasaran produk yang menjadi peranan penting untuk meningkatkan keuangan suatu usaha. Data penjualan yang tidak diolah dan dimanfaatkan menjadi informasi yang bermanfaat akan berdampak pada strategi penjualan selanjutnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memprediksi penjualan selanjutnya untuk menentukan rekomendasi promosi produk yang digunakan untuk promosi penjualan pada bulan berikutnya. Penelitian dengan judul Implementasi Metode Association Rule untuk Menentukan Rekomendasi Promosi Produk Toko Arimbi Jilbab ini dirancang untuk menentukan rekomendasi promosi produk dengan berbagai jenis jilbab pada Toko Arimbi Jilbab. Dari hasil perhitungan didapatkan satu keputusan degan nilai confidence tertinggi adalah 58% dan dengan kombinasi tiga item. Perhitungan prediksi yang menggunakan algoritma Association Rule, diambil dari nilai yang memenuhi syarat minimum nilai confidence. Semakin besar nilai confidence, semakin baik hasil yang didapatkan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.132
PDF

References

Valerian, A., dan Hakim, L. 2018. Implementasi Algoritma Apriori untuk Memprediksi Stok Peralatan Tulis pada Toko XYZ. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. Vol. V, No. 1: 18-22.

Fitriati, D. 2016. Implementasi Data Mining untuk Menentukan Kombinasi Promosi Barang Berdasarkan Perilaku Pembelian Pelanggan Menggunakan Algoritma Apriori. Prosididng Annual Research Seminar 2016. Vol. 2, No. 1: 472-480.

Irfansyah, P. 2016. Kajian Komparasi Penerapan Algoritma Data Mining (C4.5, Bayesian Classifier Dan Neural Network) dalam Menentukan Promosi Jabatan. Prosiding Seminar Nasional. Hal. 53-67.

Susanto, S., dan Dedy, S. 2010. Pengantar Data Mining Menggali Pengetahuan dari Bongkahan Data. Yogyakarta: ANDI.

Kusrini dan Luthfi, E. T. 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: ANDI.

Choiriah, W., Akmal dan Apridonal, Y. 2019. Penerapan Data Mining Menggunakan Metode Association Rule dengan Algoritma Apriori untuk Analisa Pola Penjualan Barang. JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi). Vol. V, No. 2: 193-198.

Badrul, M. 2016. Algoritma Asosiasi dengan Algoritma Apriori untuk Analisa Data Penjualan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. Vol. XII, No. 2: 121-129.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Dwi Fitriana, Danar Putra Pamungkas

Downloads

Download data is not yet available.