Analisa Perbandingan Mesin Pengayak Ampas Tahu Sistem Pengayak Berputar dan Sistem Pisau Berputar Kapasitas 25 kg
pdf

Keywords

Ampas Tahu
Efisiensi
Mesin Pengayak
Pengayak Berputar
Pisau Berputar

How to Cite

Rofiq, A. R. A. ., & RHOHMAN, F. (2021). Analisa Perbandingan Mesin Pengayak Ampas Tahu Sistem Pengayak Berputar dan Sistem Pisau Berputar Kapasitas 25 kg. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 230–235. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/1110

Abstract

Didukung dalam perkembangan zaman industri revolusi 4.0 menuntut kita untuk selalu berinovasi menciptakan sesuatu yang baru. Salah satu usaha yang menerapkan tenaga mesin dan manusia adalah usaha pembuatan tempe bungkil yang berada di desa Padangan di Kabupaten Kediri yang dikelola oleh Ibu Juminar. Proses pengayakan yang dilakukan oleh usaha industri ini masih menggunkan mesin tradisional yang itu dengan cara menggunakan kayu untuk mengayak ampas tahu. Melihat hal itu akhirnya dibuatlah alat mesin pengayakan ampas tahu menggunakan sistem pengayak berputar dan sistem pisau berputar. Tujuan analisis ini untuk melihat bagaimana tingkat efisiensi dan karakteristik hasil ayakan ampas tahu menggunakan sistem pengayak berputar dan sistem pisau berputar. Lokasi penelitian ini dilakukan di tempat usaha pembuatan tempe bungkil milik Ibu Juminar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan cara observasi dan wawancara. Hasil dari wawancara dan observasi adalah tingkat efisiensi dicapai ketika menggunakan mesin pisau berputar dengan kapasitas 25kg menghasilkan output 23kg dengan waktu 5 menit, sedangkan karakteristik hasil ayakan saat menggunakan pisau berputar masih cenderung kasar dan jika menggunakan sistem pengayak   berputar hasil ayakan bagus atau sudah halus.

pdf

References

Widiastoeti & Sari. 2020. Penerapan Laporan Keuangan Berbasis SAKEMKM Terhadap Keuangan Laporan Kwuangan Pada UMKM Kampung Kue di Rungkut Surabaya. Jurnal EKBIS, Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Lamongan.

Sulistiawan, H. 2014. Perancangan Mesin Pengayak Pasir Cetak Vibrating Screen Pada Ikm Cor Di Juwana Kabupaten Pati . 91-96.

Anselm Straus dan Juliet Corbin. 2013. Dasar – Dasar Pemelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Rhohman, F., Anam, M.K., Pamungkas, D., 2021. Perancangan Mesin Pengepress Ampas Tahu Elektrik. Jurnal Mesin Nusantara. Vol. 4 No. 1.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Aji Rizal Ainur Rofiq, FATKUR RHOHMAN

Downloads

Download data is not yet available.