Mixer Pencampuran Media Tanam Untuk Pembibitan
pdf

Keywords

media tanam pembibitan mesin mixer
perancangan
pisau mixer

How to Cite

Pratama, A. E. ., Fauzi, A. S. ., & Ilham, M. M. . (2021). Mixer Pencampuran Media Tanam Untuk Pembibitan. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 047–052. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/1076

Abstract

Proses pencampuran media tanam untuk pembibitan merupakan bagian penting dalam menumbuhkan dan mengembangkan benih menjadi bibit yang siap  ditanami. Pemilihan bahan tanam (bibit) dan pemahaman terhadap sifat dan karakteristik bibit merupakan faktor penting keberhasilan budidaya pengembangan tanaman.  Salah satu faktor yang sangat penting untuk keberhasilan pembibitan adalah kemampuan menyediakan tanah dan pupuk untuk bibit dalam jumlah yang cukup dengan pencampuran yang baik. Sistem pencampuran yang digunakan pengusaha budidaya tanaman pembibitan dilakukan manual oleh tenaga manusia. Perancangan ini bertujuan membuat alat mixer pencampuran media tanam untuk pembibitan. Metode perancangan yang digunakan yaitu perancangan produk. Adapun prosedur perancangannya terdiri dari observasi, pembuatan produk mesin mixer pengaduk disesuaikan dan dibandingkan dengan desain dan perancangan mesin mixer kemudian diperoleh hasil dan ditarik kesimpulan. Hasil dari perancangan ini adalah desain dan gambar kerja mesin mixer pengaduk ini dibuat dengan kontruksi yang simple dan khusus pada mata pisau pengaduknya menggunakan bentuk baling-baling pisau mixer. Serta spesifikasi mesin mixer pengaduk dengan rincian berikut ; (a) dimensi mesin mixer dengan panjang 80 mm x lebar 50 mm x tinggi 120 mm; (b) kapasitas tabung mixer maksimal 25 liter; (c) Daya Motor Listrik 1 Hp, (d) Gear Box 1:4 Wpa (e) Gear dan Rantai, sehingga dinyatakan aman / baik.

pdf

References

Jamaluddin, P., dkk.2019. Alat Dan Mesin Pertanian Badan Penerbit UNM. Makassar.

Sadi, Sumardi, and Lis Handoko. Perancangan Kontrol Otomatis Mesin Mixer Pengaduk Bahan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman. Jurnal Teknik 3.1 (2014).

Wibolo, Achmad, and I. Dewa Made Pancarana. Rancang Bangun Mesin Press Baglog Jamur Tiram dengan Penggerak Motor Listrik. Matrix: Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, 4.3 (2017): 131.

Soeprapto, Etwin Fibrianie, Dwi Cahyadi, and Andi Farid Hidayanto. Rancang Bangun Mesin Penggiling dan Potong Kerupuk Ikan dengan Menggunakan Gearbox. Jurnal Riset Teknologi Industri 12.1 (2018): 1-8.

Yogasmara, Qorianjaya. 2017. Perancangan Pulley Dan Sabuk Pada Mesin Mixer Garam Belng, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Faizin, K.N. 2016, Pengaruh Variasi Diameter Pulley Alternator dan Daya Motor Terhadap Arus dan Kecepatan proses Pengisian Baterai 12 Volt. Journal of Electrical Control and Automotive Engineering (JEECAC). Volt. 1, No 1.

Sularso, & Suga Kiyokatsu. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Cetakan ke-11 PT. Pradnya Paramita, Jakarta, 2013.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Angga Eka Pratama, Ah. Sulhan Fauzi, M. Muslimin Ilham

Downloads

Download data is not yet available.