Abstract
Taman Bacaan Masyarakat merupakan salah satu organisasi yang bergerak di bidang literasi dan perpustakaan. TBM merupakan literasi dan perpustakaan yang mendapatkan predikat terbaik dalam hal tersebut, TBM kesulitan meningkatkan jumlah pengunjung. Dalam melakukan kegiatan membaca buku masih dengan sistem manual. Hal ini berimbas pada pengunjung yang harus datang ke TBM sehingga membuang tenaga dan waktu. Dalam menyelesaikan masalah tersebut penulis mengumpulkan fakta yang ada pada TBM. Selanjutnya merancang suatu sistem yang sesuai dengan kebutuhan pengunjunjug TBM. Penelitian ini menggunakan model pengembangan software waterfall. Model waterfall menggunakan alur perangkat lunak secara berurutan mulai dari tahap analisa, tahap desain, tahap pengkodean, tahap implementasi dan tahap pengujian. Pengembangan aplikasi ini menggunakan Bahasa pemograman yaitu HTML dan PHP. Dari penelitian tersebut menghasilkan aplikasi digital yang dapat membantu pengunjung memperoleh kemudahan dalam membaca buku kapanpun dimanapun berada, sehingga dengan fasilitas aplikasi digital dapat menarik minat masyarakat untuk membaca buku dan juga bisa menambah pengunjung TBM .
References
Hidayat, S. K. (2011). APLIKASI PETA DIGITAL. II, 56–60.
Susilo, A. I. (2018). Upaya Membangun Minat Membaca Melalui Program Ndarus Di Taman Bacaan Masyarakat Gelaran Buku Jambu Daar El Fikr. Program Ndarus Taman Bacaan Masyarakat.
Setyowidodo, I., Yulianto, D., & Handayani, A. D. (n.d.). Rumah pintar dalam taman belajar masyarakat (tbm) berbasis kearifan lokal. 110–115.
Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Uji-t Satu Sampel Berbasis Web ( Development of Web-Based One-Sample t-Test Application ). 8(November), 245–251.
Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. 2(1), 6–12.
Utama, H. P., Nurhayati, O. D., Windasari, I. P., Studi, P., Komputer, S., Teknik, F., & Diponegoro, U. (2016). Pembuatan Aplikasi Memantau Lokasi Anak Berbasis Android Menggunakan Location Based. 4(1), 202–208.
Profesi, D. E. (2018). KEPEGAWAIAN MENGGUNAKAN UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML ) Analysis And Design Of Employee Information System Use Unified Modeling Language ( UML ) Abstrak. 7(1), 22–33.
Hidayat, T., & Muttaqin, M. (2018). Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis. 6(1), 25–29.
Cholifah, W. N., Sagita, S. M., & Knowledge, S. (2018). PENGUJIAN BLACK BOX TESTING PADA APLIKASI ACTION & STRATEGY BERBASIS ANDROID. 3(2), 206–210.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Yongki Dyno Oka Satria, Anita Sari Wardani , erna Daniati