Bike Type Selection System Using Simple Additive Weighting Method at Jayamanshurin Bikeshop
PDF

Keywords

pemilihan jenis sepeda
SAW
sistem pendukung keputusan

How to Cite

Hariyanto, F. T. ., Ristyawan, A. ., & Wardani , A. S. . (2021). Bike Type Selection System Using Simple Additive Weighting Method at Jayamanshurin Bikeshop. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 111–116. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1022

Abstract

Sepeda sudah ada sejak abad ke-18 dan sampai sekarang perkembangan sepeda semakin pesat, sehingga berdampak pada proses produksi dimana penjual dihadapkan pada banyaknya pilihan jenis sepeda dari segi bahan, harga maupun model, yang akan membuat penjual tidak bisa menentukan menentukan jenis sepeda yang paling penting untuk di produksi sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu diperlukan sistem pendukung keputusan yang bertujuan bisa membantu pemilik toko dalam pemilihan jenis sepeda yang akan di produksi sesuai dengan kebutuhan. Sistem Pendukung Keputusan ini menggunakan metode Metode Simple Additive Weighting (SAW). Proses pengambilan data dilakukan dengan cara studi pustaka, studi literatur, observasi, dan wawancara langsung kepada pemilik toko supaya mendapatkan data yang akurat untuk di analisis. Dari wawancara yang dilakukan, maka didapatkan kriteria yang digunakan yaitu bahan, harga, dan model sepeda, selanjutnya dilakukan perancangan desain sistem yaitu dengan membuat use case diagram dan entity relationship diagram (ERD), tahap selanjutnya yaitu implementasi perhitungan Simple Additive Weighting (SAW) menggunakan rumus yang sesuai dengan metode tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem berbasis website yang bisa digunakan oleh toko Jayamanshurin Bikeshop untuk membantu pemilik toko dalam pemilihan jenis sepeda yang akan di produksi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1022
PDF

References

Wiyancoko, D. (2010). Desain Sepeda Indonesia (Kepustakan).

Febrianto, F., Agus, F., & Kridalaksana, A. H. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sepeda Menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process. Seminar Nasional Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 1(1), 17–23.

Nugraha, E. A. (2018). No Title. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEPEDA DENGAN METODE SIMPLE ADDIVE WEIGHTING (SAW).

Kasma, U., Informasi, J. S., & Berbobot, P. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Sepeda Motor Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). E-Jurnal JUSITI (Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi), 7–2(2), 104–115. https://doi.org/10.36774/jusiti.v7i2.245

Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan (Deepublish).

Murad. (2013). Aplikasi Intelligence Website Untuk Penunjang Laporan Paud Pada Himpaudi Kota Tangerang. CCIT, 7(1).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Feri Tri Hariyanto, Aidina Ristyawan, Anita Sari Wardani

Downloads

Download data is not yet available.