Grain Processing Machine Frame Design Capacity 5kg
PDF

Keywords

Padi
Rangka
Sambungan las

How to Cite

Yusuf, S. S. ., & Mahmudi, H. . (2021). Grain Processing Machine Frame Design Capacity 5kg . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 013–018. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1006

Abstract

Penjualan hasil panen oleh mayoritas petani di Kabupaten Nganjuk tepatnya di Dusun Ngemplak RT 09 Rw 05 Desa Sudimoroharjo Kecamatan Wilangan Kabupaten Nganjuk, dalam bentuk gabah sehingga memiliki daya jual yang murah. Sebagai upaya untuk meningkatkan nilai jual hasil panen adalah dengan membuat mesin pengolah gabah dengan kapasitas 5kg. Tujuannya agar petani bisa menjual hasil panenannya dalam bentuk beras dengan harga yang lebih mahal selain itu petani juga bisa menikmati hasil panenannya sendiri. Untuk membuat sebuah mesin pengolah gabah di perlukan desain rangka yang kokoh dan presisi agar komponen lainnya dapat terpasang sesuai desain mesin pengolah gabah dan diharapkan mesin bisa berkerja lebih efektif dan efisien. Dalam merancang mesin pengolah gabah ini antara lain perencanaan desain rangka beserta pengujiannya,perhitungan rangka,pembuaan rangka dan komponen yang di topang rangka. Adapun langkah kerja dalam pembuatan rangka mesin pengolah gabah ini antara lain pemiihan bahan rangka,pemotongan bahan,perakitan,pengelasan,pengeboran rangka untuk tempat baut,pengecetan,uji coba mesin. Berdasarkan hasil pembahasan yang di lakukan maka dapat di simpulkan jenis bahan rangka yang di gunakan yaitu tipe baja BJ34 besi hollow 30x30mm dengan tebal 1mm dengan ukuran dimnsi rangka sebagaiberikut (mesin dengan tinggi 1600mm, lebar 350mm, dan panjang 640mm). Dalam pembuatan rangka menggunakan sambungan las rata rata dengan jenis sambungan single fillet menggunakan sambungan las tipe Butt joint dengan menggunakan elektroda las jenis E 6013.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1006
PDF

References

Rancang Bangun Rangka Mesin Pengolah Pasta Bawang Merah. Kediri: Politeknik Kediri (Yusuf, Syarifuddin, S. 2019).

Rancang Bangun Rangka Penghancur Dan Peleleh Botol Plastik Bekas. Kediri: Politeknik Kediri (Dermawan, Kukoh. 2018).

Perancangan rangka mesin pembuat keripik umbi dengan aplikasi sistem pneumatik. Kediri: Jurnal Mesin Nusantara (Hesti, Istiqlaliyah. 2020)

Diklaat Elemen Mesin. Jakarta : Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Taruma Negara (Irawan, Agustinus, P.2009).

Tabel Profil Kontruksi Baja. Yogyakarta: Kanisius (Gunawan, Rudy. 1990).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Syam Syarifuddin Yusuf, Haris Mahmudi

Downloads

Download data is not yet available.