Pengembangan Media Pembelajaran Gerund Menggunakan Scramble Game Untuk Siswi Pondok Modern Darussalam Gontor

Authors

  • Rahmah Soraya Kamila Universitas Darussalam Gontor
  • Triana Harmini Universitas Darussalam Gontor
  • Oddy Virgantara Putra Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.29407/vjy8pd49

Keywords:

Scramble Game, Gerund, Media Pembelajaran

Abstract

 Perkembangan teknologi dan globalisasi mendorong pentingnya penguasaan bahasa Inggris, terutama dalam komunikasi internasional. Salah satu aspek krusial adalah pemahaman grammar, termasuk gerund, yang sering menjadi sumber kesalahpahaman. Meskipun bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional, di Indonesia, pemahaman bahasa Inggris masih terbilang rendah, dengan faktor utama seperti rendahnya motivasi belajar dan kurangnya praktik di lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan metode Scramble Game guna membantu siswa memahami materi gerund secara lebih menyenangkan. Hasil pengujian dengan metode Black Box menunjukkan bahwa seluruh fitur pada aplikasi telah berfungsi dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Andika and N. Mardiana, “EDUKASI PENTINGNYA BAHASA INGGRIS DI ERA GLOBALISASI,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

B. Mandasari et al., “PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI SISWA-SISWI

SMA/MA/SMK DI DESA PURWOREJO LAMPUNG TENGAH,” CDJ, vol. 3, no. 1, pp. 332–338, Apr.

, doi: 10.31004/cdj.v3i1.4026. [3] F. K. Murti, A. Dewi, H. S. Dewi, and D. Atmoko, “Perspektif Mahasiswa Tentang Penggunaan Grammar

Dalam Komunikasi Berbahasa Inggris,” vol. 2, no. 1.586

PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI DAN SAINS TAHUN 2025, Vol. 4.

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Nusantara PGRI Kediri. e- ISSN: 2828–299X

Kediri, 25 Januari 2025

A. S. Tamim, “TARBIYAH AND TEACHER TRAINING FACULTY ENGLISH EDUCATION

DEPARTMENT”.

Indriani and M. Riza, Riset sebut kemampuan bahasa Inggris masyarakat Indonesia masih rendah. [Online]. Available: https://www.antaranews.com/berita/3845247/riset-sebut-kemampuan-bahasa-inggris-masyarakat

indonesia-masih-rendah

A. Pratiwi, Fadlilatul Hikmah, Adi Apriadi Adiansha, and Suciyati, “Analisis Penerapan Metode Games Education dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” jm-jpmipa, vol. 1, no. 1, pp. 36–43, Jun. 2021, doi: 10.53299/jagomipa.v1i1.27.

I. N. Yeni, A. Sayidah, W. Retno, D. A. Tri, and A. M. Aulia, “SENTENCE SCRAMBLE GAME: MEDIA PEMBELAJARAN SINTAKSIS PADA ANAK TUNARUNGU TINGKAT SEKOLAH DASAR,”

Universitas Negeri Yogyakarta.

M. Firdaus and E. Muryanti, “Games Edukasi Bahasa Inggris untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini,” vol. 4, 2020.

H. Arif and M. Nashrullah, “Android-Based Word Compostion Game ‘Ocid Scramble’ to Train Deaf People in Constructing Sentences”.

A. A. Yunanto, Y. R. Prayogi, Z. F. Akbar, D. Herumurti, and S. Rochimah, “PENGEMBANGAN

APLIKASI PEMBELAJARAN GRAMMAR BAHASA INGGRIS BERBASIS PERMAINAN,”

Engineering and Science, vol. 6, no. 1, 2020.

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Pengembangan Media Pembelajaran Gerund Menggunakan Scramble Game Untuk Siswi Pondok Modern Darussalam Gontor. (2025). Seminar Nasional Teknologi & Sains, 4(1), 580-586. https://doi.org/10.29407/vjy8pd49

Similar Articles

41-46 of 46

You may also start an advanced similarity search for this article.