Pengembangan Media Pembelajaran Gerund Menggunakan Scramble Game Untuk Siswi Pondok Modern Darussalam Gontor
DOI:
https://doi.org/10.29407/vjy8pd49Keywords:
Scramble Game, Gerund, Media PembelajaranAbstract
Perkembangan teknologi dan globalisasi mendorong pentingnya penguasaan bahasa Inggris, terutama dalam komunikasi internasional. Salah satu aspek krusial adalah pemahaman grammar, termasuk gerund, yang sering menjadi sumber kesalahpahaman. Meskipun bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional, di Indonesia, pemahaman bahasa Inggris masih terbilang rendah, dengan faktor utama seperti rendahnya motivasi belajar dan kurangnya praktik di lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan metode Scramble Game guna membantu siswa memahami materi gerund secara lebih menyenangkan. Hasil pengujian dengan metode Black Box menunjukkan bahwa seluruh fitur pada aplikasi telah berfungsi dengan baik.
Downloads
References
M. Andika and N. Mardiana, “EDUKASI PENTINGNYA BAHASA INGGRIS DI ERA GLOBALISASI,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
B. Mandasari et al., “PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI SISWA-SISWI
SMA/MA/SMK DI DESA PURWOREJO LAMPUNG TENGAH,” CDJ, vol. 3, no. 1, pp. 332–338, Apr.
, doi: 10.31004/cdj.v3i1.4026. [3] F. K. Murti, A. Dewi, H. S. Dewi, and D. Atmoko, “Perspektif Mahasiswa Tentang Penggunaan Grammar
Dalam Komunikasi Berbahasa Inggris,” vol. 2, no. 1.586
PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI DAN SAINS TAHUN 2025, Vol. 4.
Program Studi Teknik Informatika, Universitas Nusantara PGRI Kediri. e- ISSN: 2828–299X
Kediri, 25 Januari 2025
A. S. Tamim, “TARBIYAH AND TEACHER TRAINING FACULTY ENGLISH EDUCATION
DEPARTMENT”.
Indriani and M. Riza, Riset sebut kemampuan bahasa Inggris masyarakat Indonesia masih rendah. [Online]. Available: https://www.antaranews.com/berita/3845247/riset-sebut-kemampuan-bahasa-inggris-masyarakat
indonesia-masih-rendah
A. Pratiwi, Fadlilatul Hikmah, Adi Apriadi Adiansha, and Suciyati, “Analisis Penerapan Metode Games Education dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” jm-jpmipa, vol. 1, no. 1, pp. 36–43, Jun. 2021, doi: 10.53299/jagomipa.v1i1.27.
I. N. Yeni, A. Sayidah, W. Retno, D. A. Tri, and A. M. Aulia, “SENTENCE SCRAMBLE GAME: MEDIA PEMBELAJARAN SINTAKSIS PADA ANAK TUNARUNGU TINGKAT SEKOLAH DASAR,”
Universitas Negeri Yogyakarta.
M. Firdaus and E. Muryanti, “Games Edukasi Bahasa Inggris untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini,” vol. 4, 2020.
H. Arif and M. Nashrullah, “Android-Based Word Compostion Game ‘Ocid Scramble’ to Train Deaf People in Constructing Sentences”.
A. A. Yunanto, Y. R. Prayogi, Z. F. Akbar, D. Herumurti, and S. Rochimah, “PENGEMBANGAN
APLIKASI PEMBELAJARAN GRAMMAR BAHASA INGGRIS BERBASIS PERMAINAN,”
Engineering and Science, vol. 6, no. 1, 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmah Soraya Kamila, Triana Harmini, Oddy Virgantara Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





