Simulasi Interaktif 3 Dimensi Manasik Haji Berbasis Konsep Third Person Shooter Kepada Siswi Gontor Kelas 1 F

Authors

  • Amelia Fitri'Aini Universitas Darussalam Gontor
  • Faisal Reza Pradhana Universitas Darussalam Gontor
  • Dian Fikrianti Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.29407/kbn74n52

Keywords:

Manasik Haji, Simulasi, Third Person Shooter

Abstract

Ibadah haji membutuhkan pemahaman mendalam, terutama dalam tata cara tawaf dan sa’i yang sering dianggap sulit. Berdasarkan survei siswi KMI kelas 1 F, metode konvensional kurang efektif, sehingga dikembangkan aplikasi simulasi manasik haji berbasis audio-visual untuk PC. Penelitian ini menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall, mencakup analisis, desain, implementasi, verifikasi, dan pemeliharaan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna memilih simulasi tawaf atau sa’i dengan panduan interaktif dan kontrol sederhana menggunakan tombol AWSD. Hasilnya menunjukkan aplikasi ini efektif meningkatkan pemahaman, memberikan fleksibilitas, dan menciptakan pengalaman belajar yang menarik. Aplikasi ini menjadi alternatif pembelajaran yang potensial dan dapat dikembangkan lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djuanda, G., Astuti, W. R. B., Chairijah, Mahrida, Satory, A., Abid, Istianah, Sukmana, S., Nurhidayati, Farida, I., latianingsih, N., & Rasmiaty, M. (2023). Penerapan Hukum Islam Di Indonesia. Penerbit Tahta Media . Retrievedfromhttps://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/172

Iseu Susilawati, Ahmad Sarbini, dan Asep Iwan Setiawan, “Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pelayanan Bimbingan Manasik Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji,” Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah 1, no. 2 (30 Juni 2016): 190–206, https://doi.org/10.15575/tadbir.v1i2.135.

Putra, Rangga Krisma, Ersanghono Kusumo, and Sri Nurhayati. "Efektivitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dasar menggunakan media audio visual." Chemistry in Education 2.1 (2013).

Wahid, Aceng Abdul. “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” 2020.

Ali Sofyan Kholimi, Sugeng Prasetiyono, dan Lailatul Husniah, “pengembangan game edukasi pembiakan lele menggunakan mechanics dynamics aesthetics (mda) framework,” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) 9, no. 3 (30 Desember 2020): 313, https://doi.org/10.23887/janapati.v9i3.30008.

Yunita Fauzia Achmad dan Alivia Yulfitri, “Pengujian Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Black Box Testing Studi Kasus E-Wisudawan Di Institut Sains Dan Teknologi Al-Kamal,” t.t.

Syarif, Suwahyudi, Tasrif Hasanuddin, dan Mardiyyah Hasnawi. “Perancangan Game Puzzle Labirin menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) berbasis Unreal Engine.” Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam 3, no. 1 (28 Februari 2022): 34–41. https://doi.org/10.33096/busiti.v3i1.582.

Susilawati, Iseu, Ahmad Sarbini, dan Asep Iwan Setiawan. “Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pelayanan Bimbingan Manasik Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji.” Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah 1, no. 2 (30 Juni 2016): 190–206. https://doi.org/10.15575/tadbir.v1i2.135.

Kholimi, Ali Sofyan, Sugeng Prasetiyono, dan Lailatul Husniah. “Pengembangan Game Edukasi Pembiakan Lele Menggunakan Mechanics Dynamics Aesthetics (MDA) Framework.” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) 9, no. 3 (30 Desember 2020): 313. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i3.30008.

Suryani, Santika, Rezki Kurniati, dan Sri Mawarni. “Aplikasi Simulasi Rukun Haji Berbasis Android.” INOVTEK Polbeng - Seri Informatika 4, no. 1 (17 Juni 2019): 55. https://doi.org/10.35314/isi.v4i1.928.

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Simulasi Interaktif 3 Dimensi Manasik Haji Berbasis Konsep Third Person Shooter Kepada Siswi Gontor Kelas 1 F. (2025). Seminar Nasional Teknologi & Sains, 4(1), 364-371. https://doi.org/10.29407/kbn74n52