Penerapan Algoritma Binary Search dan MD5 Pada Sistem Informasi Manajemen Klinik

Authors

  • Yulius Christanto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rizki Saputro Mu’alim Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Binary Search, MD5, Sistem Informasi

Abstract

Dalam suatu instansi diperlukan pengelolaan data yang baik untuk menunjang operasional, khususnya pada sebuah klinik kesehatan. Pada klinik perlu ada pengelolaan data pasien, data pemeriksaan, rekam medis, data obat dan yang lainnya. Data juga harus diamankan agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Pada Klinik yang pengelolaan datanya masih menggunakan cara manual dengan Microsoft Excel yang dapat mengakibatkan pencarian data membutuhkan waktu cukup lama. Selain efisiensi dalam pencarian data terdapat masalah dalam resiko adanya duplikasi data saat melakukan pengelolaan data atau resiko data hilang karena kesalahan yang tidak disengaja. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibuatlah sistem informasi untuk mengelola data-data pasien dan data obat dengan fitur algoritma binary search untuk mempercepat pencarian data. Pada sebuah sistem juga diberikan fitur enkripsi data pada login menggunakan algoritma MD5 untuk pengaman password dan antisipasi jika terjadi kebocoran data. Berdasarkan nilai skor pengujian yang telah dilakukan diperoleh dari responden mencapai rata-rata index sebesar 93.3% dan masuk kategori (Sangat Baik).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sitorus, Jimmi Hendrik P., Sakban Muhammad. 2021. “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Mandiri 88 Pematangsiantar.” Jurnal Bisantara Informatika,(JBI). Vol.5, No.2.

Dede Kurniadi, Asri Mulyani, Dhea Arynie Noor Annisa. “Rancang Bangun Sistem Informasi Rekam Medis Pada Klinik Menggunakan Metode Extreme Programing.” Jurnal Algoritma, 2020: 442.

Akbar Jihadul, Yaqin Ainul. 2021. “Sistem Informasi Rekam Medis Berbasis Web Pada Klinik Risa Rafana Menggunakan Metodologi Extreme Programming” Jurnal Informatika dan Teknolog. No.2 Vol.4. 270-279.

Leonard Umbu Bulu Mone, Arini Aha Pekuwali. “Penerapan Algoritma Binary Search Pada Sistem Informasi Perpustakaan di SMP Negeri 4 Mauliru.” SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2023: 360-367.

Irvan Ratma Prayoga, Ahmad Bagus Setiawan, Patmi Kasih. 2023. “Perancangan Sistem Presensi Pengguna Lab dan Optimasi Pembagian Jadwal Lab Menggunakan Metode Tabu Search.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI DAN SAINS, 2023. Vol.2.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Christanto, Y., & Rizki Saputro Mu’alim. (2024). Penerapan Algoritma Binary Search dan MD5 Pada Sistem Informasi Manajemen Klinik. Seminar Nasional Teknologi &Amp; Sains, 3(1), 353–360. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/stains/article/view/4345