Perancangan Aplikasi Smart Transportation Tracking Bus Sekolah di Daerah Kabupaten Nganjuk Berbasis Android

Authors

  • Nailusofa Al Mukhtari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muhammad Setyo Budi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bayu Dwi Cahyono Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/stains.v3i1.4258

Keywords:

android, bus, pelajar, tracking, transportasi

Abstract

Bus sekolah merupakan salah satu alat transportasi yang digunakan untuk mengurangi penggunaan kendaraan untuk para pelajar dan juga dapat digunakan untuk mengurangi polusi yang sekarang semakin buruk. Tetapi untuk penggunaan bus sekolah sendiri masih kurang diminati karena fasilitas dan armada yang kurang memadai. Armada yang kurang memadai menyebabkan kurangnya efisiensi untuk para pelajar sehingga menyebabkan keterlambatan masuk sekolah untuk para pelajar. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk melakukan perancangan aplikasi tracking bus sekolah di daerah Kabupaten Nganjuk pada platform Android. Perancangan aplikasi ini menggunakan tiga diagram Unified Modeling Language (UML) antara lain use case diagram, activity diagram dan class diagram untuk menggambarkan aplikasi yang akan dibuat. Aplikasi yang dibuat dirancang untuk memudahkan para pelajar untuk melihat informasi bus sekolah antara lain rute bus sekolah, posisi bus sekolah, lokasi halte, serta dapat memberikan informasi tentang estimasi waktu kedatangan bus dan dapat memberikan informasi keadaan bus dalam kondisi penuh penumpang atau tidak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Fatimah, PENGANTAR TRANSPORTASI, Myria Publisher, 2019.

K. P. d. Kebudayaan, "Data Sekolah Kab. Nganjuk - Dapodikdasmen," 20 November 2023.

Sulistiyanto, SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TEORI DAN PRAKTIK DENGAN QUANTUM GIS, Ahlimedia Book, 2021.

M. F. AZIS, Object Oriented Programming Php 5, Elex Media Komputindo.

E. Listiyan and E. R. Subhiyakto, "Rancang Bangun Sistem Inventory Gudang Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus Di CV. Aqualux Duspha Abadi Kudus Jawa Tengah)," KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, pp. 74-82, 2018.

M. F. D. L. C. P. Nur Fadhila Bokings and A. A. Kadim, "Transpeed: Aplikasi Tracking Bus Trans Secara Real-time Menggunakan GPS Berbasis Mobile," BULETINPAGELARAN MAHASISWA NASIONAL BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI, vol. 1, pp. 33-37, 2023.

O. Karlina, "ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RUTE DAN HALTE BUS RAPID TRANSIT KOTA BANDAR LAMPUNG BERBASIS ANDROID," Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), Vol. 2, No. 2, pp. 205-212, 2021.

G. A. M. Muhamad Haris Dharmawan and L. Meisaroh, "Sistem Pemberitahuan Kedatangan/Keberangkatan Bus Berdasarkan Waktu Nyata Dan Pelacakan Bus," e-Proceeding of Applied Science, vol. IX, 2023.

A. R. Diansyah, I. A. Kinanti and S. A. Setyawan, "ASIST : Aplikasi Sistem InformasiSekolah Terpadu Kabupaten NganjukBerbasis Android," PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI DAN SAINS, Vol. 2., pp. 35-42, 2023.

h. t. kristanto, A. S. Mustakim, m. y. k. huda and R. halilintar, "Perancangan Aplikasi Android Untuk Pemilihan Tempat Wisata Di Kota Kediri," PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI DAN SAINS TAHUN 2023, Vol. 2., pp. 27-34, 2023.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Mukhtari, N. A., Budi, M. S., & Cahyono, B. D. . (2024). Perancangan Aplikasi Smart Transportation Tracking Bus Sekolah di Daerah Kabupaten Nganjuk Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi &Amp; Sains, 3(1), 189–198. https://doi.org/10.29407/stains.v3i1.4258