Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Video Animasi

Authors

  • Yolanda Titis Sofwina Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Linda Dwiyanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Epritha Kurnia Wati Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

bahasa, video animasi “Bella dan Acan” Missions, menyimak

Abstract

The aim of this study was to develop language skills especially in the listening ability of children in Dharma Wanita Kindergarten 2 Setonorejo ages 4 to 5 years with the animated video medium “Bella and Acan Missions”. The study used classroom action research that was implemented over two cycles. The study subjects were students in group A Dharma Wanita 2 Setonorejo Kindergarten which consisted of 17 children consisting of 10 girls and 7 boys. Based on the findings of the study, it showed that the animated video medium “Bella and Acan Missions” turned out to be able to develop language skills especially in the listening aspect of the child in the pre-action with a success rate of 23.5%, cycle I with a success rate of 64.7%, and in cycle II with a success rate of 82.3%, .Based on these findings, the animated video media “Bella and Acan Missions” can be said to successfully increase the percentage of learning outcomes of children of group A Dharma Wanita 2 Setonorejo Kindergarten.

References

Arfa, Umikalsum, Andi Agustan Arifin, and Novianti Abdurahman. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Permainan Telepon Kaleng Sebagai Media Pembelajaran Di Kelompok a Paud Negeri Pembina 1 Kota Ternate.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 4(2): 15–36.

Ariani, Ni Kadek, and Putu Rahayu Ujianti. 2021. “Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 9(1): 43.

Asti, A Sri Wahyuni. 2020. “PENGARUH VIDEO MEDIA DONGENG TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK MENTARI.” Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(1): 1–12.

Astika, Dytarisma. 2023. “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun.” 5(1): 21–37.

Azizah, Diah Siti Nur, Resa Respati, and Dwi Alia. 2024. “Peningkatan Hasil Belajar Menyimak Bahasa Sunda Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi.” Jurnal Basicedu 8(2): 1178–89. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.

Devianti, Rika, Suci Lia Sari, and Indra Bangsawan. 2020. “Pendidikan Karakter Anak Usia DIni.” Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling 03(02): 67–78.

Dwiyanti, Linda et al. 2023. “Pengaruh Smart Kiddo Games Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Dan Bahasa Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(6): 6528–39.

Girsang, Mei Lyna, Muhammad Rasyid Ridlo, and Aprilla Utari. 2019. “Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Mawar Indah Kecamatan Medan Petisah.” Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora 2(2): 258–69.

Habibah, Ibah, and Heni Nafiqoh. 2022. “Pemanfaatan Video Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Pada Anak Usia Dini.” 6(2): 159–63.

Izzuddin, Ahmad. 2021. “Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Sains.” Oktober 3(3): 542–57. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.

Kholilullah, Dkk. 2020. “Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini.” Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(2): 127.

Mianawati, Rena, Tuti Hayati, and Aam Kurnia. 2019. “Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita.” (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA) 2(1): 1–14.

Munar, Asyiful, and Suyadi. 2021. “Penggunaan Media Animasi Dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini.” Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education 4(2): 155–64. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207.

Muparok, Achmad. 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Mempertahankan Kemerdekaan Ri Melalui Media Visual Pada Pembelajaran Ips.” Perpustakaan.Upi.Edu: 1–10. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/5440.

Nur Putri, Novenda Alfian, Ida Yeni Rahmawati, and Dian Kristiana. 2022. “Implementasi Model Pembelajaran Cerdas Berbahasa Indonesia Fonik (CBI FONIK) Dalam Menstimulus Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini.” Jurnal Paedagogy 9(4): 772.

Nuraeni, Lenny, Dedah Jumiatin, and Sharina Munggaraning Westhisi. 2022. “Penyuluhan Model Pembelajaran Inovatif PAUD Holistik Integratif Melalui Aplikasi Canva Untuk Guru PAUD.” Abdimas Siliwangi 5(2): 338–48. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/10339.

Putri, Winda Dwi, and Nila Fitria. 2021. “Pengaruh Video Pembelajaran Cerita Dan Lagu Terhadap Kemampuan Berbicara Anak.” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 2(2): 102.

Rahmatullah, Inanna, and Andri Tenri Ampa. 2020. “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12.

Rohani, S.Ag. 2020. “Media Pembelajaran.” Media Pembelajaran: 8.

Yuliani, Masayu Sri, Andi Musda Mappapoleonro, and Zahrati Mansoer. 2020. “Pengaruh Penggunaan Video Animasi Serial Diva Terhadap Kemampuan Menyimak Anak.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II: 37–46. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/awaliyah/article/view/771.

Zaman, Badru, M Pd, and Hj Cucu Eliyawati. 2022. “Media Pembelajaran Anak Usia Dini.” Media Pembelajaran Anak Usia Dini 6(1): 34. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf.

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

Yolanda Titis Sofwina, Linda Dwiyanti, & Epritha Kurnia Wati. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Video Animasi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 7, 934–948. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/5290

Issue

Section

Articles