Validasi Instrumen Untuk Ekspert Review Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Berbasis Problem Based Instruction

Authors

  • Dwi Sumarsih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Forijati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sugiono Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

expert review; problem based instruction, validation

Abstract

The purpose of this study was to determine the expert validation of Creative Product and Entrepreneurship subjects based on problem-based instruction. This research is an ADDIE model development research and only at the expert review stage. This research develops a Problem Based Instruction learning model for Creative Products and Entrepreneurship subjects.   This research method is research and development with a validity approach from 3 (three) experts, namely subject matter experts, learning design experts and learning media experts and are also research subjects. The validation instrument was developed and analyzed using V Aiken linkert scale. The results of the analysis show that the validation instrument to measure the implementation of Creative Product and Entrepreneurship learning based on problem-based instruction has met the valid criteria and can be used in collecting research data.

References

Adibah, B., & Vebrianto, R. (2022). Mengukur Penggunaan E-Module sebagai Bahan Ajar Peserta Didik. Bedelau: Journal of Education and Learning, 3(2), 52–61.

Basril, A., Syahril, S., Ambiyar, A., & Syah, N. (2022). Pengembangan modul pembelajaran pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di sekolah menengah kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 193. https://doi.org/10.29210/30031732000

Halid, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Bulango Selatan. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 363. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.363-368.2022

Halimah, S. N., & Prastyaningtyas, W. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PBI MELALUI METODE GI PADA MATERI EKONOMI BISNIS KELAS X. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metri, 8(2), 29–37.

Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, K., & Khairil, K. (2021). Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning : Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 697–705. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.795

Hazimah, G. F., Cahyani, S. A., Azizah, S. N., & Prihantini, P. (2022). Pengelolaan Kurikulum dan Sarana Prasarana Sebagai Penunjang Keberhasilan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(2), 121–129. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.44591

Heryanto, C. A. W., Korangbuku, C. S. F., Djeen, M. I. A., & Widayati, A. (2019). Pengembangan dan Validasi Kuesioner untuk Mengukur Penggunaan Internet dan Media Sosial dalam Pelayanan Kefarmasian. Indonesian Journal of Clinical Pharmacy, 8(3). https://doi.org/10.15416/ijcp.2019.8.3.175

Hidayat, W., & Suwito, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Kelas X TPM DI SMKN 2 Surabaya. JPTM, 06, 10–19.

Hotimah, H. (2020a). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, VII(3), 5–11.

Hotimah, H. (2020b). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, VII(3).

Latif Akhmad, A., Mujianto, J., Elmubarok Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Z., Pascasarjana, P., & Negeri Semarang, U. (2016). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK SISWA MATERI SPEAKING DI SMA SEMESTA GUNUNG PATI KOTA SEMARANG. Journal of Educaational Research and Evaluation, 5(1), 41–48. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere

Listiowati, A. D., & Widodo, A. T. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN PENDEKATAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(2), 189–200.

Magara, E., Copriady, J., & Linda, R. (2021). Validity of Assessment Instruments for Students Creative Thinking Ability on Hydrocarbon Material. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 49–60. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.264

Mardiyah, H. R., Aldriani, S. N. F., & Chitta, F. (2021). Pentingnya Ketrampilan Belajar Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan , 12(1), 29–40.

Marlini, D. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar PKN Siswa KelasX MM-2 SMK Negeri 1 Denpasar Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143.

Ninu Widiarini. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(11).

Nur, A. R., Prayogi, S., Asy’ari, M., & Muhali, M. (2020). Validitas perangkat pembelajaran berbasis pbl dengan pendekatan konflik kognitif untuk membelajarkan kemampuan metakognisi. Empiricism Journal, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.36312/ej.v1i1.260

Pelu, M. (2019). APPLICATION OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL WITH VARIATION IN THE CONDITION OF LEARNING ENVIRONMENT (SEATING) TO INCREASE STUDENT LEARNING ACTIVITY AND CRITICAL THINKING ABILITY. HISTORIKA, 22(2), 130–152.

Prayekti. (2010). Problem Based Instruction sebagai alternatif Model Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(1), 51–63.

Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak , IV(1), 565–581.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian . Alfabeta.

Rusman. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Edutech, 1(2).

Sukarma, I. K., & Sani, F. R. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based instruction (pbi) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Empiricism Journal, 1(2), 66–74. https://doi.org/10.36312/ej.v1i2.335

Suryadi. (2019). KEWIRAUSAHAAN DAN PEMBERDAYAAN PEMUDA DALAM MENGURANGI PENGANGGURAN. Jurnal Ketenagakerjaan, 14(1), 1907–6096.

Susanti, E. D., Indrawati, ), & Yushardi, ). (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Disertai Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar dan Retensi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran FIsika SMA (Studi Pada KElas X MIA SMAN ARJASA Jember). Jurnal Pembelajaran FIsika, 4(3), 255–260.

Susanto. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Berfikir Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Kewirausahaan. Prosiding Seminar Nasional, 141–150.

Yulldatullah, Silahuddin, & Sadrina. (2018). Penggunaan Metode Problem Based Instruction (pbi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 39–48.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Sumarsih, D. S., Forijati, F., & Sugiono, S. (2023). Validasi Instrumen Untuk Ekspert Review Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Berbasis Problem Based Instruction. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 184–193. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3656

Issue

Section

Articles