Profil Motivasi Belajar Siswa Dalam Pjj Di Masa Transisi Pada Siswa Kelas Viii SMPN 4 Gringsing

Authors

  • Ikola Alfian Kahfi Universitas PGRI Semarang
  • Desi Maulia Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Learning Motivation, Distance Learning

Abstract

The background in this study is the importance of student learning motivation
in PJJ in the transition period in class VIII SMP N 4 Gringsing. The purpose
of this study was to determine the profile of students' learning motivation in
PJJ in the transition period in class VIII SMP N 4 Gringsing. The research
was conducted qualitatively descriptively on 5 participants. The results
showed that not all students had adequate learning motivation. Constraints
on learning equipment make it difficult for students to follow the lesson.
Students have difficulty managing the task at hand and direct themselves to
want to continue learning between difficulties in adjusting to new ways.
Students are not motivated to ask the subject teacher even if they do not
understand the material. Students tend to ask parents or other relatives for
help in doing assignments. Students also tend to give up when they find
difficulties in learning. The suggestion taken is that Guidance and
Counseling Teachers can strengthen students' learning motivation with
basic services to build understanding, grow students' learning motivation
and learning skills.

References

__________________. 2012. Anak BerkesulitanBelajarTeori, Diagnosis dan

Remediasinya. Jakarta: RinekaCipta.

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak BerkesulitanBelajar.

Jakarta: RinekaCipta.

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif

Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah

Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 43-48.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bahar, S. (2020). Permasalahan-Permasalahan Sekolah Menengah Pertama

(SMP) Bunda Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Sebagai Dampak

“Profil Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh”

Di Masa Transisi Pada Siswa Kelas Viii

Pandemi Covid-19. Jurnal Alasma: Media Informasi dan Komunikasi

Ilmiah, 2(2), 217-230.

Daryanto & S. Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta:Gaya Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, SyaifulBahri. 2002. RahasiaSuksesBelajar. Jakarta: RinekaCipta.

Hallen. 2005. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Hutami, E. R. (2021). KendalaPembelajaran Jarak Jauh Pada Masa

PandemiBagiSiswa Sd, Guru, Dan Orangtua. JurnalIlmiah

WUNY, 3(1).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat melakukan konferensi

pers terkait kebijakan pencegahan Covid-19 bagi ASN di Jakarta.

https://menpan.go.id/site/berita-terkini/pencegahan-penyebaranvirus-covid-19-dengan-kerja-di-rumah-bagi-asn.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan

kemandirian siswa selama pembelajaran daring sebagai dampak

covid-19 di sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 7-13.

Moleong, Lexy J. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Mugiarso. 2006. Bimbingan dan Konseling. Semarang: Unnes.

Muhammad Thobroni dan ArifMustofa. 2011. Belajar dan

PembelajaranPengembanganWacana dan

PraktikPembelajarandalam Pembangunan Nasional.

Muhibbin, Syah. 2009. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Pratiwi, N., Mukminin, A., & Masbirorotni, M. (2022). Dampak Pembelajaran

Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Afektif

Siswa di SMP IT Nurul Ilmi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.

Jakarta: Rineka Cipta.

Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak pembelajaran dari masa pandemi

covid-19 terhadap motivasi belajar siswa SMP di Kota

Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498-3502.

“Profil Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh”

Di Masa Transisi Pada Siswa Kelas Viii

Rusman, Kurniawan D, dan Riyana C. 2011. Pembelajaran Berbasis

Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan

Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajagrafindo.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung:

Alfabeta.

Setiadi, G., Sholihun, M., & Yuwita, N. (2020). Peranan Guru Bimbingan

Konseling Dalam Memotivasi Peserta Didik Selama Masa Pandemi

Covid-19 di SMA Darut Taqwa Pasuruan. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan

Konseling Islam, 2(2), 89-107.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung:

Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Prenadamedia Group

Teguh, M. 2015. Difusi Inovasi dalam Program Pembelajaran Jarak Jauh di

Yayasan Trampil Indonesia. Jurnal Scriptura, 5 (2), 1-18).

Uruk, F. H. (2021). Menguak Kondisi Motivasi Belajar Siswa dalam

Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi

Penelitian, 1(10), 2227-2234.

Winataputra, Udin S., dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:

Universitas Terbuka Press

Zainal, N. H. (2020). TantanganKebijakanPembelajaran Jarak Jauh Di Era

Pandemi COVID 19. PENCERAHAN, 14(2), 133-151

Downloads

Published

2022-08-05

How to Cite

Alfian Kahfi, I., & Maulia, D. (2022). Profil Motivasi Belajar Siswa Dalam Pjj Di Masa Transisi Pada Siswa Kelas Viii SMPN 4 Gringsing. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 1053–1062. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2425

Issue

Section

Articles