Penggunaan teknologi informasi dalam pemasaran produk perusahaan di masa pandemi covid-19
Abstract
ABSTRAK
Pembatasan social berskala besar (PSBB) menyebabkan pemasaran produk perusahaan secara konvensional menjadi terbatas. Dengan terbatasnya pemasaran mengakibatkan penurunan pendapatan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran teknologi informasi dalam pemasaran produk perusahaan di masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur. Data yang di peroleh dari berbagai artikel ilmiah maupun jurnal akan di kompulasi, dianalisis, dan disimpulkan. Hasil penelitian adalah pemanfaat internet dan teknologi informasi adalah salah satu cara perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan pendapatan perushaan. Secara umum sekitar 47.75% perusahaan menggunakan teknologi informatika untuk pemasaran via online sejak sebelum pandemic. Sementara itu, sekitar 5.76% perusahaan baru menggunakan teknologi informatika untuk pemasaran pada saat pandemi. 4 dari 5 pelaku usaha yang menggunakan teknologi informatika untuk pemasaran via online mengaku bahwa cara online ini berpengaruh dalam penjualan produk mereka. Perusahaan yang sudah melakukan pemasaran via online sebelum pandemic mempunyai pendapatan lebih tinggi 1.14 kali dibanding yang baru online saat pandemic. Dari pemaparan hasil penelitian diatas membuktikan bahwa dengan menggunakan teknologi informasi di saat pandemi covid-19 mampu meningkatkan jumlah pemasaran produk perusahaan.
Kata Kunci: teknologi informasi, pemasaran, covid-19
ABSTRACT
Large-scale social restrictions (PSBB) cause conventional marketing of company products to be limited. Limited marketing results in a decrease in company revenue. The purpose of this study was to determine the role of information technology in marketing company products during the Covid-19 pandemic. This research was conducted using a literature study method. The data obtained from various scientific articles and journals will be compiled, analyzed, and concluded. The result of this research shows that internet users and information technology are a way for companies to maintain and increase their income. In general, around 47.75% of companies used information technology for online marketing since before the pandemic. Meanwhile, around 5.76% of new companies used information technology for marketing during the pandemic. 4 out of 5 business actors who use information technology for online marketing admit that this online method affects the sale of their products. Companies that had been marketing via online before the pandemic had 1.14 times higher revenue than those that were only online during the pandemic. From the presentation of the research results above, it is evident that using information technology during the Covid-19 pandemic is able to increase the amount of marketing of the company's products.
Keywords: information technology, marketing, covid-19
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 nanang_arifin nanang, Juhana Lillasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.