Klasifikasi Karakteristik Kepribadian Manusia Berdasarkan Tipologi Hippocrates–Galenus Menggunakan Metode Naïve-Bayes
PDF

Keywords

Klasifikasi
Karakteristik
Kepribadian
Manusia

How to Cite

Prawito, A. . (2021). Klasifikasi Karakteristik Kepribadian Manusia Berdasarkan Tipologi Hippocrates–Galenus Menggunakan Metode Naïve-Bayes. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 133–140. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.917

Abstract

Di zaman modern seperti sekarang ini teknologi computer tidak hanya dapat di gunakan untuk menyelesai tugas kita saja tetapi teknologi computer di zaman sekarang ini juga dapat di gunakan oleh penggunanya dengan memanfaatkannya secara meluas di berbagai bidang dan aspek kehidupan di zaman sekarang ini, sehingga teknologi canggih di zaman sekarang ini dapat memudahkan kita untuk berbagai urusan, misalnya saja teknologi computer yang dapat memudahan kita sebagai pengguna dan beberapa orang pada umunya serta individu lainnya untuk menunjang kegiatan atau pekerjaan mereka sehari-harinya. Dengan tujuan dibuatnya sebuah rancangan Naïve Bayes ini semoga dapat membantu serta memudahkan guru BK untuk mengetahui karakteristik kepribadian disetiap siswanya.Hasil analisis masalah, didapatkan bahwa data dari kuisioner yang telah dilakukan oleh siswa SMP diklasifikasikan menjadi 4 kelas sesuai dengan tipe kepribadian menurut Tipologi Hippocrates-Galenus, yaitu : Sanguin (Populer), Koleris (Kuat), Melankolis (Sempurna), dan Plegmatis (Damai). Hasilnya berupa informasi yang dapat membantu pihak guru BK dan siswa SMP dalam mengetahui karakter tipe kepribadian yang dimiliki oleh siswa tersebut

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.917
PDF

References

Daniel, dan Lawrence. 2011. Kepribadian Teori dan Penelitian. Jakarta. Salemba Humanika.

Fudyartanta, Ki. 2012. Psikologi Kepribadian. Cetakan I. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Hermawan, D.R., D.W. Widodo, dan A.B. Setiawan. 2020. Klasifikasi Bunga Melati Berdasarkan Jenis Menggunakan Metode Learning Vector Quantization (LVQ). Semnasinotek 2020.

Putra, Febrian Rainbow P. 2016. Penentuan Tipe Kepribadian DISC Calon Karyawan Menggunakan Aplikasi Berbasis Naïve Bayes Classifier.

Setiawan, F.A., D.W. Widodo, dan A.B. Setiawan. 2020. Clustering Penilaian Kelayakan Kredit Dengan Metode K-Mean (Studi Kasus: KSP. Tunas Artha Mandiri Nganjuk). Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Agung Prawito

Downloads

Download data is not yet available.