Analisis Penerimaan Sistem Informasi Penugasan Berbasis E-Learning Moodle Menggunakan Metode Webqual Dan Eucs Di SMKN 1 Ngasem
PDF

Keywords

E-Learning Moodle
Penerimaan
Webqual
EUCS

How to Cite

Prasetiyanto, A. E. . (2021). Analisis Penerimaan Sistem Informasi Penugasan Berbasis E-Learning Moodle Menggunakan Metode Webqual Dan Eucs Di SMKN 1 Ngasem. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 047–052. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.902

Abstract

Perkembagan teknologi berdampak pada aspek Pendidikan, contohnya system informasi merupakan media yang sangat penting dalam proses pembelajaran di satuan Pendidikan. Pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat saat ini pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMKN 1 Ngasem Kabupaten Kediri harus tetap dilaksanankan dengan memanfaatkan system informasi yang ada salah satunya E-Learning Moodle. Peneliti mencoba untuk menganalisis sejauh mana penerimaan peserta didik terhadap proses pelaksanaan MPLS dengan memanfaatkan E-Learning Moodle tersebut ditinjau dari kualitas system dan kepuasan pengguna dengan pendekatan WebQual dan EUCS. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dalam 3 dimensi WebQual memberikan hasil sesua dengan harapan pengguna dan dalam 5 dimensi EUCS yang sama yaitu pengguna puas dengan system tersebut. Dengan hasil analisis tersbut diharapkan dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari penggunaan E-Learning Moodle dalam kegiatan MPLS sehingga dapat menjadi evaluasi dalam kegiatan MPLS tahun depan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.902
PDF

References

H. Muhammad, R. Eka Murtinugraha, and Sittati Musalamah, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian,” J. PenSil, vol. 9, no. 1, pp. 54–60, 2020, doi: 10.21009/jpensil.v9i1.13453.

S. J. Barnes and R. T. Vidgen, “Barnes & Vidgen: An Integrative Approach to the Assessment of E-Commerce Quality AN INTEGRATIVE APPROACH TO THE ASSESSMENT OF E-COMMERCE QUALITY,” J. Electron. Commer. Res, vol. 3, no. 3, 2002.

R. Munap, S. N. B. Ahmad, S. A. Hamid, and M. F. B. M. Talib Beg, “The Influence of End User Computing System (EUCS) on User Satisfaction: The Case of a Logistic and Courier Service Company,” Int. J. Soc. Sci. Humanit. Invent., vol. 5, no. 12, pp. 5103–5110, 2018, doi: 10.18535/ijsshi/v5i12.03.

A. Suharto, “Aplikasi Eresha Mobile Berbasis Android Dengan Metode Personal Extreme Programming Di Era Industri 4 . 0,” J. Teknol. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 335–344, 2020.

A. Supriyatna and V. Maria, “PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI DJP ONLINE PELAPORAN SPT PAJAK,” Pros. SNATIF, 2017.

W. A. Putera and I. M. Candiasa, “Analysis of e-learning user satisfaction itb stikom bali using end user computing satisfaction (eucs) method,” in Journal of Physics: Conference Series, 2021, vol. 1810, no. 1, doi: 10.1088/1742-6596/1810/1/012017.

I. S. Utami, Winarno, and H. Setiadi, “Analysis the Effect of Website Quality on User Satisfaction with the WebQual 4.0 Method and Importance-Performance Analysis (IPA) (Case Study: SPMB Sebelas Maret University’s Website),” in Journal of Physics: Conference Series, 2021, vol. 1842, no. 1, doi: 10.1088/1742-6596/1842/1/012003.

F. Rohman and D. Kurniawan, “Pengukuran Kualitas Website Badan Nasional penanggulangan Bencana Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput., vol. 3, no. 1, 2017.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Ari Eka Prasetiyanto

Downloads

Download data is not yet available.