Abstract
Aspek pendidikan merupakan salah satu yang terdampak perkembangan teknologi, contohnya sistem informasi di mana merupakan media yang sangat penting dalam penyampaian informasi dari satuan Pendidikan. Salah satu aplikasi yang digunakan untuk komunikasi antara pemerintah pusat dengan tiap satuan Pendidikan adalah Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Selama penggunaan Aplikasi Dapodik di kalangan operator sekolah masih terdapat beberapa keluhan. Penelitian ini mencoba melakukan analisis terhadap penerimaan Aplikasi Dapodik yang ditinjau dari segi kualitas sistem dan kepuasan pengguna dengan pendekatan WebQual 4.0 dan EUCS. Hasil analisis menunjukkan nilai gap tertinggi pada aspek usability quality sebesar -1,94 artinya kualitas sistem pada aspek penggunaan masih belum maksimal sesuai harapan sedangkan tingkat kepuasan pengguna pada sistem berada di level puas untuk semua aspek. Berdasarkan hasil analisis, diharapkan dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan dari Aplikasi Dapodik sehingga bisa berfokus pada kelemahan dan mempertahankan kelebihanya.
References
T. Pramiyati, J. Jayanta, and H. Mahfud. 2019. Analisis Tingkat Penerimaan Pengguna Terhadap SIMBUMIL (Hasil Survey Penerimaan SIMBUMIL di Puskesmas Mandalawangi). Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 5. no. 1.
Adha, F. L. Y., Hamzah, M. L., Maita, I., Megawati, & Marsal, A. (2021). Analisis Penerimaan Pengguna Dapodik Sekolah Dasar Kecamatan Tampan Menggunakan Model TAM dan EUCS. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 18(2).
S. Pratiwi and M. I. Irawan. 2021. Investigating the Impact of Website Quality on User Satisfaction in IDN Times News Website. Journal of Physics: Conference Series. vol. 1842. no. 1.
S. J. Barnes and R. T. Vidgen. 2002. Barnes & Vidgen: An Integrative Approach To The Assessment Of E-Commerce Quality An Integrative Approach To The Assessment Of E-Commerce Quality. J. Electron. Commer. Res. vol. 3. no. 3.
W. W. Chin and M. K. O. Lee. 2000. A Proposed Model And Measurement Instrument For The Formation Of IS Satisfaction: The Case Of End-User Computing Satisfaction. ICIS. vol. Brisbane.
A. Supriyatna and V. Maria. 2017. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi DJP Online Pelaporan Spt Pajak. Pros. SNATIF.
W. A. Putera and I. M. Candiasa. 2021. Analysis Of E-Learning User Satisfaction ITB STIKOM Bali Using End User Computing Satisfaction (EUCS) Method. Journal of Physics: Conference Series. vol. 1810. no. 1.
I. S. Utami, Winarno, and H. Setiadi. 2021. Analysis the Effect of Website Quality on User Satisfaction with the WebQual 4.0 Method and Importance-Performance Analysis (IPA) (Case Study: SPMB Sebelas Maret University’s Website). Journal of Physics: Conference Series. vol. 1842. no. 1.
F. Rohman and D. Kurniawan. 2017. Pengukuran Kualitas Website Badan Nasional penanggulangan Bencana Menggunakan Metode Webqual 4.0. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput. vol. 3. no. 1.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Annisa Gatri Zakinah, Ari Eka Prasetiyanto, Fatihatul Khairani, Adrianto Mahendra Wijaya, Dhani Ariatmanto