Abstract
Salah satu teknologi informasi yang terlihat jelas pada era digital saat ini adalah teknologi transaksi dan investasi, dimana pengguna atau masyarakat dimudahkan dalam hal bertransaksi seperti tidak lagi menggunakan uang tunai, dengan begitu pengguna juga merasa lebih aman dikarenakan tidak perlu membawa uang tunai. Selain itu, pada era digital saat ini juga memudahkan pengguna atau masyarakat pada umumnya dalam melakukan investasi dimanapun dan kapanpun setiap waktu tanpa mengganggu aktivitas lainnya. Teknologi blockchain pada saat ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif transaksi payless atau biasa dikenal dengan transaksi non tunai dan teknologi blockchain juga dapat digunakan sebagai kegiatan investasi pada bidang cryptocurrency. Metode yang digunakan untuk memberikan gambaran dan ulasan mengenai manfaat blockchain sebagai sarana alternatif pembayaran digital dan kegiatan investasi di bidang cryptocurrency menggunakan pendekatan SWOT. Berdasarkan pendekatan SWOT yang sudah dilakukan maka didapatkan kesimpulan bahwa dengan adanya pengamanan privasi serta sudah diakui secara internasional dan kemudahan dalam melakukan transaksi payless maupun kegiatan investasi maka dari itu, kelemahan dan ancaman dapat dikendalikan dengan baik sehingga banyak investor terjun ke dunia cryptocurrency.
References
N. Supriatna, M. Ruhimat, and Kosim, Ilmu Pengetahuan Sosial: Geografi, Sejarah, Sosiologi, ekonomi. Bandung: Grafindo Media Pratama, 2006.
K. Zile and R. Strazdina, “Blockchain Use Cases and Their Feasibility,” Appl. Comput. Syst., vol. 15, 2018.
L. P. Nian and D. L. K. Chuen, “Introduction to Bitcoin,” Handb. Digit. Curr., 2015, doi: 10.1016/B978- 0-12-802117-0.00001-1.
N. O. Syamsiah, “Kajian Atas Cryptocurrency Sebagai Alat Pembayaran Di Indonesia,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 6, no. 1, pp. 53–61, 2017.
K. McCusker and S. Gunaydin, “Research Using Qualitative, Quantitative or Mixed Methods and choice Based on The Research,” Perfusion, 2015, doi: 10.1177/0267659114559116.
I. Putong, Pengantar Ekonomi Mikro dan Makro. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.
P. Kotler, Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2002.
A. M. I. Astuti and S. Ratnawati, “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100),” J. Ilmu Manaj., vol. 17, no. 1, pp. 58–70, 2020.
S. P. Siagian, Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Glints, “Apa Itu Cryptocurrency dan Bagaimana Cara Kerjanya? - Glints Blog.” https://glints.com/id/lowongan/cryptocurrency-adalah/#.YMoWgqgzaM9 (accessed Jun. 16, 2021).
I. Bagus and P. Bhiantara, “Teknologi Blockchain Cryptocurrency Di Era Revolusi Digital,” Jl. Udayana Kampus Teng., no. 0362, p. 27213, 2018, [Online]. Available: http://pti.undiksha.ac.id/senapati.
Gamatechno, “Teknologi Blockchain.” https://twitter.com/gamatechno/status/1063695478867423233 (accessed Jun. 17, 2021).
Bareksa, “3 Kelemahan Trading Kripto dan Bedanya dengan Investasi Reksadana.” https://www.bareksa.com/berita/belajar-investasi/2021-04-22/3-kelemahan-trading-kripto-dan-bedanya-dengan-investasi-reksadana (accessed Jun. 09, 2021).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Kevin Septianzah, Gilang Ryan Fernandes, Ika Mei lina