Implementasi Metode Pathfinding Dengan Algoritma A-Star Pada Game Action 2D
PDF

Keywords

game
2d
pathfinding
a-star
godot

How to Cite

Yoga Setya Adi Pradana, Danang Wahyu Widodo, & Juli Sulaksono. (2024). Implementasi Metode Pathfinding Dengan Algoritma A-Star Pada Game Action 2D. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(3), 1613–1618. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/5107

Abstract

Game merupakan salah satu bentuk media yang digunakan untuk menyampaikan sebuah cerita kepada orang yang memainkannya. Game diperlukan memiliki penyampaian yang tidak monoton dan bisa berubah-ubah. Terlebih untuk game yang memiliki format 2 dimensi (2D) yang memiliki sedikit kreatifitas dibandingkan game 3 dimensi (3D). Untuk membuat cerita pada game 2D terasa lebih hidup, game menggunakan beberapa terapan teknologi. Teknologi yang digunakan pada game untuk membuat media yang ingin disampaikan itu terasa tidak monoton yaitu salah satunya pathfinding. Pathfinding dengan Algoritma A-star merupakan Algoritma yang sering digunakan pada beberapa media dan juga game. Dan juga untuk Game Engine Godot, Algoritma A-star merupakan algoritma tetapan untuk pathfinding. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan pathfinding pada NPC menggunakan Algoritma A-star. NPC akan diberi Algoritma A-star untuk proses pathfinding untuk menemukan posisi kita (player) secara efisien sehingga membuat game memiliki beberapa tantangan dan tidak terasa monoton. Hasil implementasi pathfinding dengan Algoritma A-star pada game “Guardians of Sriwijaya” bekerja dengan baik tanpa adanya bug ataupun glitch.

PDF

References

John C Beck & Mitchell Wade. 2006. “The Kids are Alright: How the Gamer Generation is Changing the Workplace”. Harvard Business School Press.

Lester, Patrick. "A* pathfinding for beginners." online. GameDev WebSite. http://www.gamedev.net/reference/articles/article2003.asp (Acesso em 08/02/2009) (2005).

Mutaqin, Ghani, Juniardi Nur Fadilah, and Fresy Nugroho. "Implementasi Metode Path Finding dengan Penerapan Algoritma A-Star untuk Mencari Jalur Terpendek pada Game “Jumrah Launch Story”." Walisongo Journal of Information Technology 3.1 (2021): 43-48.

Oktanugraha, Rifky Fajar, and Salamun Rohman Nudin. "Implementasi Algoritma A*(A Star) Dalam Penentuan Rute Terpendek Yang Dapat Dilalui Non Player Character Pada Game Good Thief." Journal of Informatics and Computer Science (JINACS) 2.01 (2020): 74-85.

Safitri, Luluk Indah, Julian Sahertian, and Danang Wahyu Widodo. "Implementasi Algoritma Path Planning A* Pada Base Station Robot Sepak Bola Beroda." Generation Journal 7.3 (2023): 56-63.

Zuhdi, Ahmad, Imam Ahmad, and Ade Dwi Putra. "Implementation Of A* Algorithm In A Great Elephant Game With Unity 2D." SINTECH (Science and Information Technology) Journal 6.2 (2023): 118-123.

Alexander, Kevin Rio, Julian Sahertian, and Ratih Kumalasari Niswatin. "Penerapan Metode A-Star Pada Permainan Bergenre Platformer Menggunakan Godot." Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi). Vol. 7. No. 1. 2023.

Cui, Xiao, and Hao Shi. "A*-based pathfinding in modern computer games." International Journal of Computer Science and Network Security 11.1 (2011): 125-130.

Harsadi, Paulus, and Sri Siswanti. "Penerapan Pathfinding Menggunakan Algoritma A* Pada Non Player Character (NPC) Di Game." Jurnal Ilmiah SINUS 17.2 (2019): 39-50.

Handriyantini, Eva. "Penerapan Metode Pathfinding Pada Pengembangan Game “The Book of Aksara” Pada Perangkat Bergerak." Prosiding SISFOTEK 6.1 (2022): 81-85.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Yoga Setya Adi Pradana , Danang Wahyu Widodo, Juli Sulaksono

Downloads

Download data is not yet available.