Implementasi Data Mining dengan Algoritma K-Medoids dan FP-Growth untuk Menentukan Asosiasi Itemset Produk
PDF

Keywords

K-Medoids
FP-Growth
Asosiasi Itemset
Clustering
Pola Pembelian Produk

How to Cite

Moch. Ghufron Ramadhani, Patmi Kasih, & Intan Nur Farida. (2024). Implementasi Data Mining dengan Algoritma K-Medoids dan FP-Growth untuk Menentukan Asosiasi Itemset Produk. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(3), 1488–1496. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/5079

Abstract

Ceria Store, sebagai salah satu bisnis retail, menghadapi tantangan meningkatkan efisiensi operasional dalam menghadapi persaingan industri ritel yang ketat. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih mendalam dan berbasis data untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini menggunakan algoritma K-Medoids untuk clustering dan FP-Growth untuk analisis asosiasi itemset, menganalisis pola pembelian konsumen berdasarkan data penjualan dari November dan Desember 2023. Proses clustering menunjukkan adanya tiga kelompok penjualan berbeda (rendah, sedang, dan tinggi), untuk memperkecil data yang akan diasosiasikan. Beberapa rekomendasi produk ditemukan dari analisis asosiasi berupa 4 item Produk Yaitu Daster Kencana Ungu, Short Ivanova, Sport Bra, Andin Underwear, Atasan Lyra, Leging Adi Sp.

PDF

References

A. Andirwan, V. Asmilita, M. Zhafran, A. Syaiful, and M. Beddu, “Strategi Pemasaran Digital: Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era Digital.”

D. Transaksi Bongkar Muat di Provinsi Riau, I. Kamila, U. Khairunnisa, P. Studi Sistem Informasi, and F. Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, “Perbandingan Algoritma K-Means dan K-Medoids untuk Pengelompokan,” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 5, no. 1, pp. 119–125, 2019.

C. Eri Firman Akademi Manajemen Informatika and K. Dumai Jl Utama Karya Kel Bukit Batrem Kec Dumai Timur, “I N F O R M A T I K A PENENTUAN POLA YANG SERING MUNCUL UNTUK PENJUALAN PUPUK MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH,” Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer, vol. 9, no. 2, 2017.

wiwit A. Triyanto, V. Suhartono, and H. Himawan, “Analisis Keranjang Pasar Menggna K-medoids dan FP-Growth,” Pseudocode, 2014.

I. Syukra, A. Hidayat, and M. Z. Fauzi, “Implementation of K-Medoids and FP-Growth Algorithms for Grouping and Product Offering Recommendations,” Indonesian Journal of Artificial Intelligence and Data Mining, vol. 2, no. 2, p. 107, Nov. 2019, doi: 10.24014/ijaidm.v2i2.8326.

M. Imam Ghozali, fan N. Zaenal Ehwan SMA, J. Pati, and W. Harry Sugiharto, “ANALISA POLA BELANJA MENGGUNAKAN ALGORITMA FP GROWTH, SELF ORGANIZING MAP (SOM) DAN K MEDOIDS,” Jurnal SIMETRIS, vol. 8, 2017.

W. A. Triyanto, “ALGORITMA K-MEDOIDS UNTUK PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK,” Jurnal SIMETRIS, vol. 6, 2015.

S. Adibya, P. Putra, P. Kasih, and J. Sahertian, “Implementasi Pola Penjualan Barang di Minimarket Menggunakkan Metode Apriori.”

I. W. Septiani, Abd. C. Fauzan, and M. M. Huda, “Implementasi Algoritma K-Medoids Dengan Evaluasi Davies-Bouldin-Index Untuk Klasterisasi Harapan Hidup Pasca Operasi Pada Pasien Penderita Kanker Paru-Paru,” Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 3, no. 4, p. 556, Jul. 2022, doi: 10.30865/json.v3i4.4055.

A. R. Wibowo and A. Jananto, “IMPLEMENTASI DATA MINING METODE ASOSIASI ALGORITMA FP-GROWTH PADA PERUSAHAAN RITEL,” vol. 10, no. 2, pp. 200–212, 2020.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Moch. Ghufron Ramadhani, Patmi Kasih, Intan Nur Farida

Downloads

Download data is not yet available.