Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat usability dari aplikasi Kopi Kenangan. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode USE Questionnaire. USE Questionnaire mempunyai 4 faktor yaitu Usefulness (kebergunaan), Ease of Use (kemudahan penggunaan), Ease of Learning (kemudahan mempelajari) dan Satisfaction (kepuasan). Empat faktor ini dijadikan sebagai variabel bebas (independen) untuk mengevaluasi tingkat Usability aplikasi Kopi Kenangan. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai data utama (primer) serta jurnal ilmiah sebagai data pendukung (sekunder). Penelitian ini menggunakan uji Validitas dan Uji Reliabilitas sebagai metode analisis data. Pengambilan data melibatkan 30 responden dari pengguna aplikasi Kopi Kenangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan Variabel Usefulness dengan persentase 80,00%, Variabel Ease of use dengen persentase sebesar 80,25%, Variabel Ease of learning dengan persentase 80,75%, dan Variabel Satisfaction dengan persentase 81,75%.
References
R. Sahabbudin et al., “Jurnal Mirai Management Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Minat Beli Kopi Kenangan di Kota Makassar,” Jurnal Mirai Management, vol. 8, pp. 349–363, 2023.
Z. Z. Alim, R. Firliana, and S s Sucipto, “Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna E-Commerce Menggunakan Metode Service Quality The Effect of Information System Service Quality on E-Commerce User Satisfaction Using the Service Quality Method,” Research : Journal of Computer, vol. 5, no. 2, pp. 85–93, 2022.
C. Wuysan, Sistem Informasi, and S. Kharisma Makassar, “Analisis Usability pada Aplikasi AntiMacet Menggunakan USE Questionnaire Oleh”, [Online]. Available: https://jurnal.kharisma.ac.id/kharismatech/
Wahono and Ayu Puji Hastutik, “Analisis Penggunaan Website Citihub Hotel dengan Menggunakan Usability Testing,” 2017, Accessed: May 23, 2024. [Online]. Available: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2627/
I. Safi’i, K. Candra Brata, and H. Muslimah Az-Zahra, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Malang e-Policing dengan Pendekatan Human Centered Design,” 2020. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
O. Muhammad, A. Setyawan, and J. Manajemen, “STRATEGI KOPI KENANGAN DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN.”
K. Aelani, “PENGUKURAN USABILITY SISTEM MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE (STUDI KASUS APLIKASI PERWALIAN ONLINE STMIK ‘AMIKBANDUNG’),” 2012. [Online]. Available: http://hcibib.org/perlman/question.cgi?form=USE
A. Agustinus and A. Junaidi, “Pengaruh Sosial Media (Instagram) dalam Meningkatkan Brand Awareness Kopi Kenangan.”
Q. Nurul Halimah, “PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI KENANGAN,” vol. 17, no. 1, 2024, doi: 10.46306/jbbe.v17i1.
R. M. H. Ashari and O. F. Sitorus, “Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement Kopi Kenangan,” Jurnal EMT KITA, vol. 7, no. 1, pp. 38–46, Jan. 2023, doi: 10.35870/emt.v7i1.726.
D. Gilang Pandian, R. I. Rokhmawati, and H. Muslimah Az-Zahra, “Evaluasi Usability pada Website Mejakita menggunakan Metode Usability Testing,” 2021. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
N. Latifah et al., “Bisma: Jurnal Bisnis dan Manajemen PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN TRUST TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA E-COMMERCE SHOPEE,” 2020. [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BISMA
I. Naufaldi dan Miharni Tjokrosaputro Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, “Ivan dan Miharni : Pengaruh Perceived Ease of Use, Percieved... Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, dan Trust terhadap Intention To Use.”
E. Retnoningsih and N. F. Fauziah, “Usability Testing Aplikasi Rekomendasi Objek Wisata Di Provinsi Jawa Barat Berbasis Android Menggunakan USE Questionnaire,” BINA INSANI ICT JOURNAL, vol. 6, no. 2, pp. 205–216, 2019.
D. Arfifahani, “PENGARUH NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Concordia Executive Lounge Terminal A Bandara International Adisutjipto Yogyakarta),” 2018.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2024 Ela esti susanti, Sabina Hajar Alviyanti, Aktasya Purwandira, Ersa dwi nur aini , Idha Febiyanti