Analisis Kegunaan Aplikasi Ipusnas dengan Pendekatan Evaluasi Heuristik
PDF

Keywords

antarmuka pengguna
evaluasi heuristik
iPusnas

How to Cite

Putriani, D., Prayogi, A. P. A., Khasanah, R. A., Aviva, M. S., & Shofyana , A. I. (2024). Analisis Kegunaan Aplikasi Ipusnas dengan Pendekatan Evaluasi Heuristik. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(1), 103–112. https://doi.org/10.29407/inotek.v8i1.4916

Abstract

Penelitian ini membahas potensi kesulitan pengguna aplikasi perpustakaan digital iPusnas persembahan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Masalah yang diidentifikasi meliputi menu tampilan yang tidak efisien, pencarian informasi buku yang kurang efektif, antarmuka yang kurang menarik, dan error pada fitur seperti sistem login dan peminjaman buku.  Masalah-masalah yang dihadapi oleh pengguna dalam penggunaan aplikasi iPusnas memiliki urgensi yang besar dalam konteks peningkatan aksesibilitas dan penggunaan sumber daya ilmiah. Perbaikan yang cepat dan efektif penting untuk memastikan iPusnas berfungsi optimal sebagai sumber informasi ilmiah yang dapat diandalkan bagi pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas layanan iPusnas dan mengidentifikasi area perbaikan yang diperlukan, menggunakan prinsip evaluasi heuristik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.  Dari perhitungan interval berdasarkan hasil kuesioner, nilai aplikasi iPusnas mencapai 0.24%, yang menunjukkan bahwa pengguna menilai aplikasi tersebut sangat tidak mudah digunakan. Penilaian ini didasarkan pada 10 faktor yang disajikan dalam pertanyaan kuesioner.

https://doi.org/10.29407/inotek.v8i1.4916
PDF

References

A. Septiani and I. Budi, “KLASIFIKASI ULASAN PENGGUNA APLIKASI: STUDI KASUS APLIKASI IPUSNAS PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA (PNRI),” 2022. doi: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i4.3216.

M. Alroy and I. Sa’diyah, “PENGARUH APLIKASI MOBILE IPUSNAS TERHADAP PERKEMBANGAN MINAT BACA MASYARAKAT THE INFLUENCE OF THE MOBILE APPLICATION OF IPUSNAS ON THE DEVELOPMENT OF COMMUNITY’S READING INTEREST,” Surabaya, Nov. 2021. doi: https://doi.org/10.33005/sitasi.v1i1.33.

Fauzan and sri ati, “ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI iPUSNAS BERBASIS ANDROID DI PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA,” 2018.

Hartono, “STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM MEMBANGUN AKSESIBILITAS INFORMASI_Sebuah Kajian Teoritis pada PerpustakaanPerguruan Tinggi Islam di Indonesia,” Unilib : Jurnal Perpustakaan, vol. 8, pp. 75–91, 2017, doi: https://doi.org/10.20885/unilib.vol8.iss1.art7.

R. Mubarok, “PERPUSTAKAAN DIGITAL SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH,” Jurnal Al-Rabwah, vol. 15, no. 01, May 2021, [Online]. Available: http://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/namajurnal

P. S. Rosiana, A. R. Nurhidayat, A. A. Mohsa, and A. A. Ridha, “ANALISIS APLIKASI TIKTOK BERDASARKAN PRINSIP DAN PARADIGMA INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER MENGGUNAKAN EVALUASI HEURISTIC,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 11, no. 3, Aug. 2023, doi: 10.23960/jitet.v11i3.3271.

Savira Taryani and Luki Wijayanti, “PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN APLIKASI IPUSNAS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0,” VISI PUSTAKA, vol. 25, pp. 5–18, 2023, doi: https://doi.org/10.37014/visipustaka.v25i1.3179.

M. Siti Sarah, E. Saepudi, R. Khairul Anwar, and E. Saepudin, “HUBUNGAN KUALITAS SISTEM INFORMASI APLIKASI IPUSNAS DENGAN KEPUASAN PEMUSTAKA MENGGUNAKAN PIECES FRAMEWORK,” vol. 2, no. 6, 2023, doi: 10.56127/jukim.v2i6.

Y. T. Utami, A. Pramudani, A. R. Irawati, D. Kurniawan, P. Studi, and I. Komputer, “Implementasi Heuristic Evaluation Untuk Analisis User Experience (UX) Pada Virtual Class Universitas Lampung,” 2023. doi: https://doi.org/10.33365/jimasia.v3i1.2773.

J. Mantik, M. Mulyani, K. Rizky, and N. Wardani, “Penerapan Metode Heuristic Evaluation Pada Analisis User Interface Website Simak Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang,” Online, 2022. Accessed: May 23, 2024. [Online]. Available: www.iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/index

A. Sugama, J. Johandri, R. Rahman, and S. A. Karimah, “Pemanfaatan Teknologi IPUSNAS untuk Memperkuat Literasi Digital di Masyarakat Desa Rancabungur,” PRAXIS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 82–89, Jan. 2024, doi: 10.47776/praxis.v2i1.746.

K. Berfikir et al., “Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran,” Jun. 2023. [Online]. Available: https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/

I. A. Siregar, “Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif,” Jun. 2021. doi: https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.25.

P. Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Ardiansyah, Ms. Jailani, S. Negeri, B. Provinsi Jambi, and U. Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah,” 2023. doi: https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 128–137, Dec. 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

D. A. Saputra and T. Andriyanto, “Analisis Kualitas Website Sistem Informasi Akademik Universitas Nusantara PGRI Kediri Quality Analysis of Website Academic Information SystemUniversitas Nusantara PGRI Kediri,” Research : Journal of Computer, vol. 5, no. 1, pp. 17–22, 2022.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Inotek; Dewi Putriani, Anindita Puspa Ayu Prayogi, Reka Ainul Khasanah, Mieta Silvia Aviva, Altha Inas Shofyana

Downloads

Download data is not yet available.