DIAGNOSIS PENYAKIT INFEKSI SALURAN PERNAPASAN PADA ANAK MENGGUNAKAN FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR
PDF

Keywords

Diagnosis Penyakit
Infeksi Saluran Pernapasan Anak
Forward Chaining
Certainty Factor

How to Cite

Wahyuni, I. ., & Kusumawati, C. . (2020). DIAGNOSIS PENYAKIT INFEKSI SALURAN PERNAPASAN PADA ANAK MENGGUNAKAN FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 441–448. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.438

Abstract

Gangguan infeksi saluran pernapasan pada anak merupakan penyakit yang cukup berbahaya, sehingga butuh penanganan dokter ahli dalam mendiagnosis penyakit tersebut. Namun, terbatasnya jumlah dokter ahli membuat penanganan terhadap infeksi saluran pernapasan pada anak menjadi lamban. Apabila orang awam khususnya orang tua dapat mendeteksi secara dini tentang gejala penyakit tersebut, maka penanganan dapat dilakukan sedini mungkin. Oleh karena itu butuh sebuah metode untuk mendiagnosis penyakit infeksi saluran pernapasan pada anak. Pada penelitian ini, dibuat sebuah rancangan metode pendiagnosis penyakit infeksi saluran pernapasan pada anak menggunakan forward chaining dan certainty factor (CF). Tahapan pembangunan metode ini dimulai dengan mengakuisisi pengetahuan dari dokter ahli anak kemudian membangun basis pengetahuan dan memberikan nilai CF pada setiap gejala. Hal baru yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan metode certainty factor (CF) setelah proses forward chaining. Dengan penggunaan metode tersebut penyakit infeksi saluran pernapasan pada anak dapat didiagnosis dengan akurasi sebesar 90,91%.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.438
PDF

References

S. Dhany, “Perancangan Sistem Pakar untuk Diagnosa Penyakit Anak,” Comput. Sci. Dep. USU Repos., 2009.

A. Syatibi, “Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Kulit Sapi Berbasis WEB dengan Menggunakan Metode Certainty Factor,” Progr. Pascasarj. Univ. Diponegoro Semarang, 2012.

G. A. K. Tutik, R. Delima, and U. Proboyekti, “Penerapan Forward Chaining Pada Program Diagnosa Anak Penderita Autisme,” J. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 46–60, 2009.

F. Nurlaela, “Sistem Pakar untuk Mendeteksi Penyakit Gigi pada Manusia,” Indones. J. Comput. Sci. - Speed – IJCSS, vol. 10, no. 4, pp. 76–82, 2013.

A. B. Prabowo, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut ( ISPA ) Berbasis Web,” Unpublished, pp. 1–6.

W. Widiastuti, D. Destiani, and D. J. Damiri, “Aplikasi Sistem Pakar Deteksi Dini pada Penyakit Tuberkulosis,” J. Algoritm. Sekol. Tinggi Teknol. Garut, vol. 9, no. 6, pp. 1–10, 2012.

S. Rohajawati and R. Supriyati, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Unggas dengan Metode Certainty Factor,” J. CommIT, vol. 4, no. 1, pp. 41–46, 2010.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Ida Wahyuni, Chynthia Kusumawati

Downloads

Download data is not yet available.