ALAT PERAGA EDUKASI 3 DIMENSI BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK KELOMPOK BERMAIN DAN TAMAN KANAK-KANAK
PDF

Keywords

Alat Peraga Edukatif
Augmented Reality
Unity 3D

How to Cite

Dijaya, R. ., Rosyid, H. ., & Sutaji, D. . (2020). ALAT PERAGA EDUKASI 3 DIMENSI BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK KELOMPOK BERMAIN DAN TAMAN KANAK-KANAK. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 231–238. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.408

Abstract

Berbagai macam permainan modern menggunakan gadget atau alat elektronik sebagai media bermain memiliki dampak pada pengguna, terutama yang untuk anak-anak, yang telah akrab dengan gadget. Perkembangan teknologi terhadap permainan juga dapat membantu dalam pendidikan terutama untuk membantu memecahkan masalah yang ada di TK NU 7 Pongangan Gresik. Para guru kesulitan ketika harus membawa alat peraga yang sesuai dengan tema yang akan diajarkan, karena tidak semua alat peraga dapat dengan mudah dibawa ke sekolah. Dibutuhkan alat peraga edukatif yang dapat digunakan di gadget untuk membantu pendidik guru dalam menunjukkan bentuk secara nyata dan interaktif. Alat peraga 3 Dimensi ini menggunakan Augmented teknologi untuk menampilkan model 3dimensi secara virtual dikembangkan dengan kakas bantu Unity 3D dan Blender untuk pengembangan model, diharapkan Alat peraga digital ini dapat membantu para guru TK dari NU 7 Pongangan selama proses belajar-mengajar di kelas dan menarik minat siswa untuk pengenalan bentuk dan objek ruang. Pengujian dilakukan dengan uji beta. Dari hasil pengujian aplikasi yang dikembangkan sebanyak 91% dari koresponden siswa dan guru menyatakan bahwa aplikasi ini membantu proses pembelajaran yang berlangsung di TK NU 7 Pongangan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.408
PDF

References

O. F. McGraw Hill. Papalia, Human Development (3th Ed), New York: Human Development (terjemahan) (2008). , 2004.

Tedjasaputra, Tumbuh Kembang pada Anak., Jakarta: : Ditjend Pendidikan. Tinggi., 2003 .

Vivianggraini, "Pemilihan Penetapan Alat Permainan," 03 2013. [Online]. Available: http://vivianggraini831.blogspot.co.id/2013/03/pemilihan-penetapan-alat-permainan.html. [Accessed 1 Desember 2015].

M. Sugianto, Bermain, Mainan dan Permainan, Jakarta: Depdikbud, 1995.

Riastypurwandari, "Permainan Edukatif Sebagai Media.," 2014. [Online]. Available: http://riastypurwandari.blogspot.co.id/2014/05/permainan-edukatif-sebagai-media.html. [Accessed 29 Desember 2015].

A. Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana Prenada. Media Group. , 2011.

D. W. D. A. A. A. S. Mahsunah, "Materi Pendidikan dan Latihan profesi guru (PLPG)," Panitia Sertifikasi Guru (PSG, Surabaya , 2012..

A. Andriyadi, Augmented Reality With Artoolkit Reality Leaves a lot to Imagine, Bandar Lampung: Augmented Reality Team, 2011.

U. Rohmah, "Aplikasi Augmented Reality Tata Surya (Semua Planet Mengelilingi Matahari) Menggunakan Mobile Android.," Universitas Gunadarma., Jakarta, 2014.

R. Rickman, Unity Tutorial Game Engine, Bandung: Informatika, 2014. .

P. Rosyad, "Pengenalan Hewan Augmented Reality Berbasis Android.," Universitas Muhammadiyah Surakarta., Surakarta, 2014.

M. S. &. R. A.S, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika, 2006.

D. M. R. Y. D. Y. T. V. Lengkey, "Brosur Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado dengan Teknologi Markerless Augmented Reality.," Universitas Sam Ratulangi., Manado, 2014.

Grafisity, "Definisi Pengertian Corel Draw.," 2013. [Online]. Available: http://grafisity.blogspot.co.id/2013/12/definisi-pengertian-corel-draw.html. [Accessed 8 April 2016].

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Rohman Dijaya, Harunur Rosyid, Deni Sutaji

Downloads

Download data is not yet available.