Abstract
Sistem kendali lampu jarak jauh menggunakan aplikasi WhatsApp telah peneliti kembangkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan Internet of Things (IoT) pada lingkungan sekolah. Pengendalian lampu di SDN 2 Mlorah masih menggunakan sistem manual dengan menekan tombol on/off pada saklar lampu, sehingga petugas datang ke sekolah untuk menyalakan/mematikan lampu, hal ini kurang efektif dapat efisien karena dapat menguras tenaga dan waktu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem kendali lampu di sekolah dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai pengendalian tombol on/off. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan agile, yang memungkinkan pengembangan perangkat lunak secara cepat dengan fokus pada kecepatan delivery dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan. Dalam konteks ini, model yang diterapkan adalah Extreme Programming (XP), yang terdiri dari empat tahapan yaitu planning, design, coding, dan testing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem kendali lampu jarak jauh menggunakan aplikasi WhatsApp dapat berhasil diimplementasikan. Dengan pengembangan sistem kendali lampu jarak jauh ini diharapkan dapat memberikan solusi praktis untuk mengendalikan lampu pada sekolah melalui aplikasi WhatsApp.
References
Efendi, Yoyon. 2018. “Internet Of Things (Iot) Sistem Pengendalian Lampu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Mobile.” Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer 4(1): 19–26.
ISWANTO, AGUS JAMAL, and FILIARDIAN SETIADY. 2011. “Implementasi Telepon Seluler Sebagai Kendali Lampu Jarak Jauh.” Jurnal Ilmiah Semesta Teknika 14(1): 81–85.
Agung, P., Iftikhor, A. Z., Damayanti, D., & Bakri, M. (2020). Sistem Rumah Cerdas Berbasis Internet of Things Dengan Mikrokontroler Nodemcu Dan Aplikasi Telegram. Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.33365/jtikom.v1i1.47
Nugroho, P. A. (2021). KONTROL LAMPU GEDUNG MELALUI WIFI ESP8266 DENGAN WEB SERVER LOKAL. Jurnal elektro & informatika Swadharma (jeis). 01.
Darwin Tantowi, & Yusuf, K. (2020). Simulasi Sistem Keamanan Kendaraan Roda Dua Dengan Smartphone dan GPS Menggunakan Arduino. Algor, 1(2), 9–15.
Kuswindarini, & dkk. (2019). Sistem Pengendali Kebocoran Lpg Dengan Media Komunikasi Instant Messaging Whatsapp Berbasis Internet of Things. 7(2), 4219–4226.
Parlika, R., Pradika, S. I., Hakim, A. M., & Manab, K. R. N. (2020). Bot Whatsapp Sebagai Pemberi Data Statistik COVID-19 Menggunakan PHP, Flask, Dan MySQL. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JIFoSI), 1(2 SE-Articles), 282–293.
Setiawardhana.,Oktavianto,H.,Wasista,S., & Susanto, E. (2021). 14 JAM BELAJAR CEPAT INTERNET OF THINGS (IOT). CV BUDI UTAMA. http://webadmin-ipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/190338/
Sholihah, Q., Hardiningtyas,D., Hulukati, S.A., & Kuncoro,S. (2020). KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA LISTRIK RUMAH SAKIT BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). CV. Bintang Semesta Media. http://webadminipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/193747/
Anggoro, W. W. (2021). The Perancangan dan Penerapan Kendali Lampu Ruangan Berbasis IoT (Internet of Things) Android. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(3), 1596–1606. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i3.1311
Hafidz, D. A., & Amalia, F. S. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Edukasi dan Pemasaran Hasil Pertanian di Tulang Bawang. Jurnal Cyberarea.Id, 1(2), 1–10. http://www.pusdansi.org/index.php/cyberarea/article/view/40
Pratasik, S., & Rianto, I. (2020). Pengembangan Aplikasi E-DUK Dalam Pengelolaan SDM Menggunakan Metode Agile Development The Development Of E-DUK Application in HR Management Using Agile Development Method. Cogito Smart Journal |, 6(2), 204–216.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Zen Arfiansyah, Teguh Adriyanto, Aidina Ristyawan