Abstract
Pada saat ini permainan atau game pada smartphone senderi sangat di senangi oleh banyak kalangan terutama pada anak – anak,namun dalam perkembangan game saat ini banyak anak – anak kurang tertarik dalam hal belajar terutama pada mata pelajaran matematika,pada penelitian ini merancang sebuah game edukasi bernama "Arithmetic in Space", yang akan membantu siswa kelas 1 dan 2 sekolah dasar mempelajari operasi hitung dasar dan matematika dengan cara yang menarik dan interaktif. Game ini dibuat menggunakan Construct 2 dan hanya berbasis android. Game ini berfokus pada materi operasi hitung bilangan bulat positif. Siswa akan bermain sebagai karakter yang berpetualang di luar angkasa dan harus menyelesaikan tantangan operasi hitung dalam game ini. Diharapkan game ini akan menumbuhkan minat siswa terhadap matematika dan membantu mereka memahami dan mengingat materi operasi hitung dengan cara yang lebih menarik. Fokus penelitian ini adalah game edukasi tampilan dua dimensi dan hanya ditujukan untuk siswa sekolah dasar. Sehingga, diharapkan bahwa permainan edukasi "Arithmetic in Space" dapat menjadi alternatif yang menarik dan berguna untuk mengajarkan operasi hitung kepada siswa sekolah dasar.
References
I. Ihsani and M. B. Santoso, “Edukasi Sanitasi Lingkungan Dengan Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Kelompok Usia Prasekolah Di Taman Asuh Anak Muslim Ar-Ridho Tasikmalaya,” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 6, no. 3, p. 289, Feb. 2020, doi: 10.24198/jppm.v6i3.22987.
E. N. T. Kuswantoro, T. Rahman, and A. F. Munadzar, “Game ‘Roro Jonggrang’ Sebagai Media Belajar Untuk Mengenalkan Cerita Rakyat,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 5, no. 1, pp. 33–38, Feb. 2021, doi: 10.36040/jati.v5i1.3379.
D. A. Amanda, “Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Android di SDN 1 Jepun,” JoEICT (Journal of Education And ICT), vol. 3, no. 2, 2019.
G. S. Sidik and A. A. Wakih, “kesulitan belajar matematik siswa sekolah dasar pada operasi hitung bilangan bulat,” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 461–470, Jul. 2020, doi: 10.35568/naturalistic.v4i1.633.
M. I. Al Maududi, A. Sularsa, and A. Pratondo, “Perancangan Aplikasi Permainan 2d Berhitung Untuk Siswa Sekolah Dasar,” eProceedings of Applied Science, vol. 7, no. 6, 2021.
M. F. Rivaldi and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi Pengenalan dan Pembelajaran Berhitung untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar,” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), vol. 11, no. 1, pp. 47–59, Mar. 2021, doi: 10.34010/jamika.v11i1.4354.
A. N. Hamzah and D. W. Widodo, “Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Metode Naïve Bayes,” Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), vol. 5, no. 3, pp. 007–014, Aug. 2021, doi: 10.29407/inotek.v5i3.1070.
A. Rahman and J. I Nyoman, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS,” Jurnal Edutech Undiksha, vol. 8, no. 1, p. 32, Jul. 2020, doi: 10.23887/jeu.v8i1.27049.
T. R. Amrulloh, M. Risnasari, and P. R. Ningsih, “Pengembangan game edukasi matematika (operasi bilangan pecahan) berbasis android untuk Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 115–123, 2019.
S. Sulistyowati, E. Gunawan, and L. Rusdiana, “Aplikasi Game Edukasi Matematika Tingkat Dasar Berbasis Android,” Jurnal Teknoinfo, vol. 16, no. 1, p. 107, Jan. 2022, doi: 10.33365/jti.v16i1.806.
D. Fieradova, O. Okta, A. Natasya, and W. Saputra, “Rancang Bangun Aplikasi Game Sederhana ‘Space Shooter’ Menggunakan Construct 2,” Oct. 2022.
R. Haryadi and N. Andriati, “Pengembangan Game Berbasis Android Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Sekolah Menengah Pertama,” ABSIS: Mathematics Education Journal, vol. 1, no. 2, Nov. 2019, doi: 10.32585/absis.v1i2.431.
E. Wiguna, I. Rachman, and Sulistyono, “aplikasi pengenalan nama-nama dan jenis hewan menggunakan teknologi augmented reality berbasis android,” ProTekInfo(Pengembangan Riset dan Observasi Teknik Informatika), vol. 7, pp. 17–21, Sep. 2020, doi: 10.30656/protekinfo.v7i.5054.
A. Suryadi, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall,” JURNAL PETIK, vol. 3, no. 1, p. 8, May 2018, doi: 10.31980/jpetik.v3i1.352.
D. L. Fithri and D. A. Setiawan, “Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini,” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 8, no. 1, pp. 225–230, Apr. 2017, doi: 10.24176/simet.v8i1.959.
M. Tjahyadi, A. Sinsuw, V. Tulenan, and S. Sentinuwo, “Prototipe Game Musik Bambu Menggunakan Engine Unity 3D,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 4, no. 2, Feb. 2015, doi: 10.35793/jti.4.2.2014.6990.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Sandhi Kurniawan, 2Julian Sahertian, Resty Wulanningrum