Desain dan Evaluasi Purwarupa Antarmuka Sistem Informasi Sekolah terpadu Menggunakan Metode Design Sprint
PDF

Keywords

Design Sprint
Mobile
System Usability Scale
SUS
UMUX-LITE

How to Cite

Qurniawan, M. R. I. ., Hermanto, A. ., & Rahmadi , A. A. . (2023). Desain dan Evaluasi Purwarupa Antarmuka Sistem Informasi Sekolah terpadu Menggunakan Metode Design Sprint. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(1), 60–79. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i1.3412

Abstract

Penggunaan aplikasi seluler menawarkan banyak keuntungan, misalnya sebagai alat untuk mengolah data atau banyak fungsi lain seperti membuat atau mengedit dokumen dan file. Salah satu langkah yang dilakukan oleh SD di Jakarta Barat yaitu SDIT BISA adalah dengan memperkenalkan aplikasi mobile bernama EIIS. Dari data yang diperoleh, sehingga dibutuhkan pengembangan system informasi berbasi web kedalam versi mobile agar menciptakan layanan akademik yang lebih baik, efisien, dan efektif serta dapat menunjang kenyamanan, kemudahan dan kepraktisan. Dalam pembuatan aplikasi EIIS metode yang digunakan adalah metode design sprint. Hasil pengujian purwarupa antarmuka dilakukan sebanyak tiga kali, dengan hasil pengujian EIIS sprint pertama, dan kedua menggunakan kuisioner UMUX-LITE dengan hasil pengujian mendapat acceptability ranges berada pada “Acceptable” dengan grade scale dengan nilai “B” serta adjective ratings bernilai “Excellent”. Sedangkan pengujian sprint ketiga menggunakan kuisioner System Usability Scale (SUS) dengan acceptability ranges berada pada “Acceptable” dengan grade scale dengan nilai “C” serta adjective ratings bernilai “Good” pada role siswa, guru dan orang tua sedangkan untuk role guru mendapat grade scale dengan nilai “B” serta adjective ratings bernilai “Excellent”.

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i1.3412
PDF

References

F. K. Syahputra and I. G. L. P. E. Prismana, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android 3D Kelas Xi Di Smkn 1 Driyorejo Gresik,” vol. 5, no. 2, pp. 763–768.

A. Hermanto and Z. Achmad, “EVALUASI KEBERGUNAAN DAN REKOMENDASI PENINGKATAN KINERJA WEB PROFIL SEKOLAH,” 2021.

M. Agus Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA,” 2020. [Online]. Available: https://my.cic.ac.id/.

T. Wibowo and D. Tan, “Studi Artikel Mengenai Efek Ui/Ux Terhadap Perkembangan Gaming,” 2021. [Online]. Available: https://journal.uib.ac.id/index.php/combines

T. Sagirani, B. Hariadi, M. J. D. Sunarto, T. Amelia, and J. Lemantara, “Evaluasi Pengalaman Pengguna dalam Menggunakan Aplikasi ‘MoLearn’ pada Kegiatan Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas,” Advanced Science Engineering Information Technology, vol. 11, no. 6, pp. 2422–2431, 2021.

N. I. Khoirunisa and E. Ramadhani, “Implementasi Metode Design Sprint dalam Perancangan UI / UX Aplikasi Golek Kost Berbasis Mobile,” vol. 3, pp. 464–472, 2022, doi: 10.30865/json.v3i4.4262.

N. Y. Jaya, M. A. R. Novris, and J. Junadhi, “Penerapan Metode Design Sprint Dalam Perancangan UI / UX Aplikasi Pengingat Sarapan,” SATIN-Sains dan Teknologi Informasi, vol. 8, no. 2, pp. 152–161, 2022, doi: 10.33372/stn.v8i2.892.

N. R. Ashshiddiqy, N. L. P. N. S. P. Astawa, B. P. W. Nirmala, and A. A. I. Ita, “Perancangan Mobile Application untuk Startup montirkeliling.com dengan Metode Design Sprint,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 10, no. 3, 2021.

M. Siregar et al., “RANCANG BANGUN APLIKASI BERBASIS MOBILE UNTUK NAVIGASI KE ALAMAT PELANGGAN TV BERBAYAR (Studi Kasus: Indovision Cabang Pekanbaru) 1,” Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, 2016, [Online]. Available: www.hostinger.co.id

R. Muzawi, Y. Efendi, and W. Agustin, “SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Sistem Pengendalian Lampu Berbasis Web dan Mobile Rometdo Muzawi,” Sains dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 29–35, 2018.

V. F. A. Sari, Y. A. Kanthi, and S. Yahya, “Perancangan User Interface Aplikasi E-Nelayan Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Sprint,” Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 4, no. 1, pp. 14–26, 2022.

W. F. Anggraini, T. Susanto, and I. Ahmad, “SISTEM INFORMASI PEMASARAN HASIL KELOMPOK WANITA TANI DESA SUNGAI LANGKA MENGGUNAKAN METODE DESIGN SPRINT,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 3, no. 1, pp. 34–40, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

A. D. Anggara, W. Harianto, and A. Aziz, “PROTOTIPE DESAIN USER INTERFACE APLIKASI IBU SIAGA MENGGUNAKAN LEAN UX,” Jurnal Teknologi Informasi dan Industri, vol. 4, no. 1, pp. 58–74, Mar. 2021.

I. M. Ridwan, A. Fauzi, I. Aisyah, S. Susilawati, and I. Sofyan, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan ‘WAGE’ Bandung,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 137–142, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

W. Riyadi, “Evaluasi Kegunaan Payo Kepasar Dengan Metode Sistem Usability Scale (SUS) danUMUX-Lite,” Jurnal Ilmiah Media Sisfo, vol. 17, no. 1, pp. 51–60, Apr. 2023, doi: 10.33998/mediasisfo.2023.17.1.90.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 M. Rizqi Indra Qurniawan, Agus Hermanto, Agyl A. Rahmadi

Downloads

Download data is not yet available.