SISTEM PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN ALGORITMA FIFO (Apotik Mujur Sehat)
PDF

Keywords

Algoritma Fifo
Re-Stok Obat
Sistem Informasi

How to Cite

Mukhozin, M., N, R. K. ., & W, L. S. . (2022). SISTEM PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN ALGORITMA FIFO (Apotik Mujur Sehat). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 070–075. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2562

Abstract

Obat berperan sangat penting dalam pelayanan kesehatan. Penanganan dan pencegahan berbagai penyakit tidak dapat dilepaskan dari tindakan terapi dengan obat atau farmakoterapi. Berbagai pilihan obat saat ini tersedia, sehingga diperlukan pertimbangan-pertimbangan yang cermat dalam memilih obat untuk suatu penyakit. Tidak kalah penting, obat harus selalu digunakan secara benar agar memberikan manfaat apotek yang optimal. Terlalu banyaknya jenis obat yang tersedia ternyata juga dapat memberikan masalah tersendiri dalam praktek, terutama menyangkut bagaimana memilih dan menggunakan obat secara benar dan aman. Apotek adalah sarana pelayanan kesehatan untuk membantu meningkatkan kesehatan bagi masyarakat, apotek juga sebagai tempat praktik tenaga profesi apoteker dalam melakukan pekerjaan. Apotek mujur sehat merupakan salah satu apotik yang terletak di jalan raya gayam, desa Gayam Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Apotek ini masih menggunakan pencatatan secara manual. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah sistem informasi yang membantu mengetahui ketersediaan stok barang yang ada di Apotek Mujur Sehat dan dengan adanya sistem informasi ini admin dapat mengetahui input output barang serta rekap penjualan setiap harinya. Metode dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Waterfall (air terjun) dan menggunakan algoritma Fifo. Simpulan dari penelitian ini adalah Berdasarkan data laporan dari transaksi penjualan yang ada admin dapat melihat stok barang yang habis terjual serta dapat melihat hasil pendapatan setiap hari, minggu ataupun bulan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2562
PDF

References

Hafsah, M. A. (2009). TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI APOTEK INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM AMAL SEHAT SRAGEN (Doctoral dissertation, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta).

Wijaya, Y. D., & Astuti, M. W. (2019, October). Sistem informasi penjualan tiket wisata berbasis web menggunakan metode waterfall. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 2, No. 1, pp. 273-276).

Janah, R., & Syafitri, Y. (2019). Membangun Aplikasi Pemesanan Barang Berbasis Web dengan Menggunakan Framework Ajax pada Penamart Bandar Lampung. Jurnal JUSINTA, 3(2), 11-15.

Sari, D. N. (2019). SISTEM PERSEDIAAN BARANG TOKO DAFFA MENGGUNAKAN ALGORITMA FIFO BERBASIS WEB (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Mukhozin Mukhozin; Ratih Kumalasari N, Lilia Sinta W

Downloads

Download data is not yet available.