Abstract
Pandemi Covid-19 mampu menimbulkan dampak yang cukup luas dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat. Sebagai upaya penghentian laju penyebaran virus, pemerintah menerapkan pembatasan kontak sosial. Hal ini dapat menimbulkan rasa bosan dan stress. Game dapat menjadi sarana dalam mencari kesenangan atau coping stress. Selain mencari kesenangan, game juga dapat dijadikan sarana edukasi tentang Covid-19. Oleh karena itu, diciptakan sebuah game 2D berbasis android berjudul “Goodbye Covid” yang dapat dimainkan oleh semua usia. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengatasi stress dan juga mengedukasi masyarakat awam mengenai bahaya virus Covid-19.
References
Dani, J. A., & Mediantara, Y. (2020). Covid-19 dan perubahan komunikasi sosial. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 94-102.
Winahyu, A. I. (2020). Waspada Dampak Psikologis Pandemi , Dari Cemas hingga Bunuh Diri. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/read/detail/317742- waspada-dampak-psikologis-pandemi-dari-cemas-hingga-bunuh-diri.
Moser, D. A., Glaus, J., Frangou, S., & Schechter, D. S. (2020). Years of life lost due to the psychosocial consequences of COVID-19 mitigation strategies based on Swiss data. European Psychiatry, 63(1). https://doi.org/10.1192/j.eurpsy.2020.56
Dewi, R. K. (2020, April 14). Pandemi Corona Berikan 3 Efek Psikologis Bagi Seseorang, Apa Saja? KOMPAS.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/14/203728765/pandemi-coronaberikan-3-efek-psikologis-bagi-seseorang-apa-saja?page=all
Wahyuningsih, D. (2019). Hubungan Durasi Bermain Game Online dan Tingkat Stres pada Siswa SMPN 03 Kecamatan Sungai Raya. Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura, 5(1)., 1213-1224.
Marzian, F, Mukti Qamal. 2017. GAME RPG “THE ROYAL SWORD” BERBASIS DESKTOP DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM). Jurnal Sistem Informasi, 61-95.
Muhammad, D. (2011, May 04). ITS Luncurkan Game Pendidikan. Republika.co.id https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/beritapendidikan/11/05/04/lko2dj-its-luncurkan-game-
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Desy Anjarsari; Cindy Taurusta