PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA ALAT MUSIK KESENIAN REOG PONOROGO BERBASIS ANDROID
PDF

Keywords

Alat Musik
Android
Augmented Reality
Tradisional

How to Cite

Putra, Z. S. D. ., & Taurusta, C. . (2022). PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA ALAT MUSIK KESENIAN REOG PONOROGO BERBASIS ANDROID. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(1), 052–057. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2451

Abstract

Alat musik tradisional saat ini masih menggunakan manual kurang efektif dalam bidang pembelajaran yaitu masih berupa gambar, poster dan buku masih terbentuk gambaran 2D, maka adanya aplikasi Augmented Reality bisa mengenal lebih jelas tampilan gambarnya berupa 3D dan juga bisa belajar untuk mengenal lebih aplikasi Augmented Reality. Aplikasi augmented reality yang dibangun nantinya akan diaplikasikan dan dijalankan pada platform mobile android, dimana pada cara kerjanya aplikasi ini akan menggunakan kamera smartphone android sebagai inputan untuk melacak dan membaca marker yang telah dibuat pada media seperti buku atau majalah dengan menggunakan sistem tracking. Aplikasi dibangun untuk perangkat mobile bersistem operasi Android dan menggunakan metode Finile State Machine dalam pengembangannya. Metode pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality ini meningkatkan pengetahuan tentang alat musik tradisional, Hal ini dibuktikan dengan perbandingan hasil penelitian antara tingkat pengetahuan menggunakan metode pembelajaran 2D dengan tingkat pengetahuan menggunakan metode pembelajaran 3D.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2451
PDF

References

Deslianti, D., & Anugrah, R. (2020). Pembuatan Video 3D Kampus Iv Universitas Muhammadiyah Bengkulu Menggunakan Blender. 2(1), 289–297.

Firdanu, R., Achmadi, S., & Adi Wibowo, S. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran mengenai Peralatan Konstruksi dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(2), 276–282. https://doi.org/10.36040/jati.v4i2.2657.

Haryani, P., & Triyono, J. (2017). Augmented Reality (Ar) Sebagai Teknologi Interaktif Dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 807. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1614

Kristiandri, D. (2019). Mistisisme Musik Iringan Kesenian Reog Ponorogo. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(1), 1. https://doi.org/10.26740/vt.v2n1.p1-14

Muntahanah, M., Toyib, R., & Ansyori, M. (2017). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus Pt. Jashando Han Saputra) Pseudocode, 4(1), 81–89. https://doi.org/10.33369/pseudocode.4.1.81-89.

Perwitasari, I. D. (2018). Teknik Marker Based Tracking Augmented Reality untuk Visualisasi Anatomi Organ Tubuh Manusia Berbasis Android. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 8–18. https://doi.org/10.31539/intecoms.v1i1.161

Puspasari, S., Suhandi, N., & Iman, J. N. (2020). Augmented Reality Development for Supporting Cultural Education Role in SMB II Museum during Covid-19 Pandemic. 2020 5th International Conference on Informatics and Computing, ICIC 2020, November, 3–4. https://doi.org/10.1109/ICIC50835.2020.9288619

Syafrizal, A., Erwadi, Y., & Enddika, Y. R. (2020). Pengenalan Objek Wisata Alam Di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu Dengan Menggunakan Karakter 3D Adobe Premiere dan Blender. Pseudocode, 7(2), 134–142. https://doi.org/10.33369/pseudocode.7.2.134-142

Yulsilviana, E., & Ekawati, H. (2019). Penerapan Metode Finite State Machine (Fsm) Pada Game Agent Legenda Anak Borneo. Sebatik, 23(1), 116-123. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i1.453 Zebua, T., Nadeak, B., & Sinaga, S. B. (2020). Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 1(1), 18–21.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Zudha Surya Dilaga Putra; Cindy Taurusta

Downloads

Download data is not yet available.