Unjuk Kerja Alat Penghemat BBM Pada Sepeda Motor Jupiter Z2010
PDF

Keywords

Bahan Bakar Minyak
Elektrolizer
Efisiensi
HHO

How to Cite

Seng, A. ., Muzni Harbelubun, M. ., B, S., M, M. ., & Hartanto, R. . (2022). Unjuk Kerja Alat Penghemat BBM Pada Sepeda Motor Jupiter Z2010. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(1), 019–024. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2445

Abstract

Salah satu faktor penyebab harga minyak mahal, disebabkan karena perkembangan industri otomotif yang begitu pesat. Dimana penggunaan dan BBM cenderung berkembang dari tahun ke tahun. Di dunia industri dan di segala sektor terutama di sektor transportasi, penggunaan dan permintaan bahan bakar minyak terus meningkat, sedangkan cadangan minyak bumi semakin menipis yang secara langsung berakibat pada kenaikan harga minyak dunia. Akibat pada kondisi membuat konsumen memilih BBM alternatif berbeda dengan minyak bumi untuk menghemat konsumsi BBM. Semakin tinggi besaran kendaraan di Indonesia berpengaruh kuat meningkatnya konsumsi BBM, Padahal persediaan minyak bumi semakin menipis. Sebab itu kita harus mendorong untuk menghemat minyak bumi pada BBM, salah satu alat penghemat bahan bakar minyak bumi yaitu elektrolizer HHO, untuk mendapatkan hasil” Brown Gas HHO”. Pada prosesnya gas ialah untuk menambah kalor di dalam bagian pembakaran, keadaan tersebut membuktikan di pengujiannya, ialah menggunkanan penghemat, maka dapat dihemat konsumsi BBM Untuk mengetahui bagaimana penghematan bahan bakar, maka dilakukan pengujian pada sepeda motor, Jenis Jupiter Z2010, yang dilakukan di jalan raya pada kecepatan motor rata-rata 40 km/jam yang dilakukan dengan tanpa penghemat bahan bakar pada jarak tertentu (45 km). Dari hasil uji coba ini diperoleh konsumsi bahan bakar ialah menggunakan alat penghemat bahan bakar rata-rata konsumsi BBM sebesar = 500 ml. sedang tanpa menggunakan alat penghemat bahan bakar. Konsumsi BBM rata-rata sebesar = 770.ml.

Kesimpulan pada hasil pengujian bahwa dengan menggunakan alat penghemat bahan bakar diperoleh penghematan sebesar 3 %. 

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2445
PDF

References

D. Amperajaya and P. Sudrajat, “Rancangan Perangkat Water For Fuel Sebagai Upaya Peningkatan Efisiensi Konsumsi Bahan Bakar Minyak Kendaraan Bermotor,” J. Inovisi, vol. 8, no. 2, pp. 51–63, 2012.

M. D. Amperajaya et al., “Rancangan Alat Penghemat Bahan Bakar Minyak Kendaraan Bermotor Dengan Menggunakan Air Sebagai Suplemennya,” vol. 15, 2019.

W. Arismundar, Penggerak mula: motor bakar torak. Universitas Institut Teknoloji Bandung, Bandung, 1973.

D. Fitriah, “Pemanfaatan Air dan NaHCO3 dengan Menggunakan Metoda Elektrolisis untuk Efisiensi Bahan Bakar Bensin dan Peningkatan Kualitas Gas Buang Kendaraan Bermotor,” Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya Inst. Teknol. Sepuluh Nop., 2009.

J. D. Rahadi, A. A. P. Susatriawan, and H. Wibowo, “Pengaruh Pemanfaatan Hydrogen dari Generator HHO terhadap Unjuk Kerja dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Tak 100 cc,” E-Jurnal Tek. Mesin, vol. 2, no. 1, 2014.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Ahmad Seng; Mohammad Muzni Harbelubun, Sukiman B, Mukhlis M, Rudi Hartanto

Downloads

Download data is not yet available.