Perhitungan Kalori Gizi Pada Ibu Hamil Berbasis Website Menggunakan Metode Cooper
PDF

Keywords

Gizi pada Ibu Hamil
Perhitungan Metode Cooper
Website Ibu Hamil

How to Cite

Sabilah, H. ., & Eviyanti, A. . (2022). Perhitungan Kalori Gizi Pada Ibu Hamil Berbasis Website Menggunakan Metode Cooper. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(3). Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/117-122

Abstract

Pada saat ini gizi pada ibu selama hamil sangat dapat mempengaruhi pertumbuhan janin yang sedang dikandung. Poliklinik KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) merupakan salah satu dari beberapa pelayanan yang ada di Puskesmas  yaitu  tempat  dimana  mendapatkan  pelayanan  terkait  dengan  kesahatan  ibu  dan  anak. Permasalahan yang saat ini semakin banyak dialami adalah ketika ibu hamil yang jarang sekali berkonsultasi kepada dokter atau ahli gizi tentang menu makanan yang harus dikonsumsi pada saat hamil yang dapat berakibat pada tambahnya angka kematian bayi khususnya di Indonesia. Karena pada kenyataannya banyak ibu hamil yang beranggapan bahwa makanan yang banyak itu sudah mencukupi kebutuhan gizi untuk janin yang dikandungnya. Tujuan dari penelitian  adalah  untuk  membangun  sebuah  aplikasi  berbasis  web  yang  dapat  digunakan  sebagai media  pemantauan  gizi  harian  ibu  hamil  menggunakan  metode  Cooper.  Dan pada  pengujian  dapat mengitung kebutuhan kalori dengan mengolah berat badan ideal, tinggi badan, aktifitas ibu hamil dan jumlah jam tidur ibu hamil. Hasil penelitian berupa aplikasi berbasis web yang dapat digunakan oleh ibu hamil untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan gizi yang disarankan melalui perhitungan kalori dan menu makanan.  

PDF

References

Y. Y. Khasanah, "Hubungan pengetahuan Gizi Ibu Hamil Dengan Peningkatan Berat Badan Selama Kehamilan," jun 2020.

S. Almatsier, Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Jakarta: Gramedia, 2003.

J. A. Yunica, H. and E. U. Putri, "Hubungan Pengetahuan Ibu dan Dukungan Suami Terhadap ANC di BPM Zuniawati Palembang Tahun 2021," Jurnal Kesehatan Budi Luhur, vol. 15, no. 1, pp. 1-8, 2022.

I. B. G. Manuaba, Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan, Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 1998.

N. Sholichah and N. P. Lestari, "Asuhan Kebidnan Komprehensif pada NY.Y," Jurnal Komunikasi Kessehatan, vol. VIII, no. 1, pp. 1-17, 2017.

R. Rahim, S. A. Lubis and D. Akhiyar, "Perencangan Aplikasi Pemenuhan Gizi pada Ibu Hamil dengan Metode Cooper Berbasis Website," Jurnal Teknik dan Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 1-5, 2018.

"Rekayasa Sistem Informasi Kesehatan dan Informasi Asupan Kalori (Gizi) Bagi Ibu Hamil," Skripsi, 2017.

A. A. Aqham, Z. Mustofa and W. Wahyudi, "Sistem Informasi Pemenuhan Nilai Gizi Makanan Ibu Hamil dengan Metode Cooper Berbass Android Studi Kasus : Puskesmas Mraggen II," Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 1, 2021.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Hasya Sabilah; Ade Eviyanti

Downloads

Download data is not yet available.