Rancang Bangun Alat Pengiris Bawang Merah Yang Efektif Dan Efisien Untuk Home Industry
pdf

Keywords

bawang merah
home industry
pisau pengiris

How to Cite

Hidayat, D. R. ., Akbar, A., & Pramesti, Y. (2021). Rancang Bangun Alat Pengiris Bawang Merah Yang Efektif Dan Efisien Untuk Home Industry. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 224–229. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1108

Abstract

Proses pengiris bawang Merah pada umumnya masih menjadi kendala para pelaku usaha UMKM. karena masih menggunakan cara yang manual yang dinilai kurang efisien karena memerlukan waktu yang cukup lama dan memerlukan banyak tenaga. Selain itu dari tingkat keamanan dinilai kurang aman dan juga dapat menimbulkan mata perih, dari permasalahan diatas maka akan dilakukan perancangan bangun alat pengiris bawang merah yang efektif dan efisien untuk home industry. Cara kerja dari alat pengiris bawang merah adalah bawang merah yang sudah terkupas kulit arinya akan masuk ke dalam corong penampung. setelah dari corong bawang tersebut akan masuk dengan sendirinya menuju ruang pisau pemotong. Pisau pemotong tersebut di gerakan oleh motor listrik. Dengan memodifikasi jumlah mata pisau yang lebih banyak dapat menghasilkan potongan dengan cepat dalam jumlah banyak. Sehingga dengan modifikasi tersebut dapat menghemat waktu yang dibutuhkan untuk mengiris bawang merah. Tahap ujicoba menghasilkan 3 hasil dengan RPM yang berbeda beda. Percobaan pertama dengan menggunakan Rpm 500 membutuhkan waktu 11,08 detik yang hasil irisan terlalu lembut karena putaran terlalu kencang. Ujicoba yang kedua menggunakan Rpm 400 membutuhkan waktu 24,92 detik dengan hasil irisan yang rapi. Percobaan ketiga menggunakan Rpm 300 membbutuhkan waktu 26,69 detik dengan potongan yang agak besar karena putaran pisau yang rendah. Dari ketiga percobaan yang paling rapi irisan potongannya ialah pada RPM 400 dengan waktu 24,92 detik. Dikarenakan pada RPM inilah putaran pisau pengiris stabil yang dapat menghasilkan potongan yang pas.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1108
pdf

References

Baskara, I. Putera, P. Sari, I. H. Saputra, A. Ardianto, E, E. Darwisman, R. & Ardianto, R. 2018. Rancang Bangun Mesin Pengiris Bawang Merah Tipe Vertikal. Agrotenika 1 (1): 39-50

Aryanta, I. W. R. 2019. Bawang Merah Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. E-Jurnal Widya Kesehatan, Volume 1 Nomor 1.

Maksindo. 2020. Alat Perajang Bawang Manual PRJ-BM. Youtube Maksindo. URL : https://youtu.be/cZ52wuOLepg.

Kreatif, CV Industri. 2020. Mesin Pengiris Bawang Serbaguna // Sangat Cepat Untuk Membuat Irisan Bawang Merah & Putih. Youtube Klinik Wirausaha Madiun. URL : https://youtu.be/VB9nyxACn-g.

Prasetyo, Andrik. 2015. Perencanaan Mesin Pengiris Bawang Merah Kapasitas 20kg/Menit. Universitas Nusantara PGRI, Kediri.

Rahmat, S., 2008, Optimasi Kapasitas Pengirisan Yang Baik Pada Bawang Merah Besar Dengan Mesin Pengiris Bawang Merah Vertikal, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang.

Widiantara, Tantan. 2010. “Rancang Bangun Alat Pengiris Bawang Merah Dengan Pengiris Vertikal”. Universitas Diponegoro, Semarang.

Desrizal, Ricky A. 2017. Pembuatan Mesin Pengiris Bawang. Politeknik Negeri Padang, Padang.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Dhimas Ramadhan Hidayat, Ali Akbar, Yasinta Pramesti

Downloads

Download data is not yet available.