Perancangan Sistem E-Arsip Pengolahan Data Klinik Nusa Medika Lestari

Authors

  • Muhammad Rokhmad Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yoga Pradana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rizky Nurwahyudi Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/stains.v3i1.4271

Keywords:

aplikasi, e-arsip, klinik kesehatan, pengolahan data

Abstract

E-arsip merupakan sistem aplikasi yang mengutamakan penyimpanan data secara online. Sistem ini sering digunakan pada perusahaan dan instansi-instansi yang mengutamakan pengolahan data secara cepat. Klinik Nusa Medika Lestari merupakan klinik kesehatan yang dioperasikan oleh PT. Nusantara Medika Utama, yang merupakan anak perusahaan dari PT. Perkebunan Nusantara X. Klinik Nusa Medika Lestari merupakan instansi kesehatan yang memerlukan sistem aplikasi ini, karena pengolahan datanya masih menggunakan secara manual peranan komputer hanya sebatas pada pembuatan surat. Menjadikan data arsip pada klinik nusa medika lestari sulit didapat karena tidak tertata rapi, rusak dan hilang. Dengan semakin banyaknya penumpukan kertas dan membutuhkan tempat yang lebih luas untuk menyimpan tumpukan kertas, masalah yang harus ditangani serta diperlukannya untuk memberikan informasi yang bersangkutan secara cepat dan tepat akan membutuhkan waktu yang lama, maka tidak efisien lagi bila penanganannya hanya dikerjakan secara manual. Sistem aplikasi ini dibuat mempermudah sistem pengarsipan pada klinik. Sistem aplikasi ini memiliki fungsi untuk menyimpan surat masuk, surat keluar, data pasien, rujukan pasien, ketersediaan obat-obatan, sampai data penyuluhan kesehatan masyarakat. Diharap atas dibuatnya sistem aplikasi ini, pengolahan data dapat dipermudah dalam skala yang besar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yoga Pradana, Universitas Nusantara PGRI Kediri

  1.  

References

Syukron, A., & Hasan, N. (2015). Perancangan sistem informasi rawat jalan berbasis web pada Puskesmas Winong. Bianglala Informatika, 3(1).

Hazimah, M., & Rizki, M. (2020). Perancangan sistem informasi administrasi rawat jalan pada klinik Insan Permata berbasis web. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 1(2 Desember), 71-80.

Amalia, R., & Huda, N. (2020). Implementasi Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Pada Klinik Smart Medica. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 9(3), 332-338.

Syafroni, M., Setiawan, A. B., & Helilintar, R. (2020, September). Sistem Pengolahan Data E-Arsip Rumah Sakit Bhayangkara Kediri. In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) (Vol. 4, No. 2, pp. 241-244).

Octaviona, E., Kesuma, M., & Basyori, A. (2020). Kesiapan Arsiparis Menggunakan E-Arsip Dalam Tata Kelola Kearsipan Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Raden Intan Lampung. Jurnal El-Pustaka, 1(1).

Asrat, E. (2022). PENERAPAN SISTEM APLIKASI E-ARSIP PADA KEGIATAN PENGARSIPAN SURAT-MENYURAT DIBAGIAN UMUM SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN ACEH BARAT. JPPol: Jurnal Poros Politik, 4(3), 43-52.

Prasti, D., Rusdi, M. I., Kamaruddin, R., & Tarigan, S. J. B. (2023). E-Arsip Persuratan Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu. BANDWIDTH: Journal of Informatics and Computer Engineering, 1(2), 82-89.

UBSI, E. N. (2019). Rancang Bangun Pengolahan Arsip Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Kantor Kelurahan Ratu Jaya Depok. SPEED-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 11(4).

Adiwisastra, M. F., Muhajir, H., & Supriadi, D. (2020). Pengukuran Kesenjangan Digital Menggunakan Metode Deskriptif Berbasis Website. EVOLUSI: Jurnal Sains dan Manajemen, 8(2).

Fadli, S., & Sunardi, S. (2018). Perancangan Sistem Dengan Metode Waterfall Pada Apotek Xyz. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, 1(2), 29-35.

Gunanto, A., & Sudarmilah, E. (2020). Pengembangan Website E-Arsip di Kantor Kelurahan Pabelan. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(2), 90-96. [6] Prasetya, E.. 2006. Case Based Reasoning untuk mengidentifikasi kerusakan.

Hamidah, M., & Rukun, K. (2019). Implementasi Framework Yii2 Pada Sistem Electronic Arsip (E-Arsip) Kependudukan Nagari Balah Hilia. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(3), 185-193.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Rokhmad, M., Pradana, Y., & Nurwahyudi, R. (2024). Perancangan Sistem E-Arsip Pengolahan Data Klinik Nusa Medika Lestari. Seminar Nasional Teknologi &Amp; Sains, 3(1), 205–211. https://doi.org/10.29407/stains.v3i1.4271