Aplikasi Pengaduan Masyarakat Kota Kediri Berbasis Mobile Aplication
DOI:
https://doi.org/10.29407/stains.v1i1.1419Keywords:
Pengaduan, Masyarakat, Kota, Android.Abstract
Dalam era globalisasi seperti sekarang ini masyarakat pro aktif dalam menyampaikan keluhan serta masukan dan kritik untuk pemerintah. Bagi masyarakat pada umumnya pelayanan pemerintah yang baik dan benar kepada masyarakat adalah suatu keharusan. Pengaduan masyarakat di kota kediri belum sepenuhnya terpublikasikan, sehingga masyarakat sulit mengadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengelolaan pengaduan masyarakat di kota kediri serta faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pengelolaan pengaduan. Pengelolaan pengaduan di kota kediri belum mempunyai prosedur yang jelas dalam menangani pengaduan. Prosedur pengelolaan pengaduan di kota kediri belum adanya dukungan sarana dan prasarana untuk melancarkan jalannya pengaduan di kelurahan tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah rancangan aplikasi mobile penganduan masyarakat berbasis android dengan tujuan mengatasi permasalahan tersebut serta untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan keluhannya hanya dengan menggunakan smartphone. Sistem operasi perancangan aplikasi pengaduan masyarakat ini menggunakan android, perangkat lunak database aplikasi adalah menggunakan database jenis SQLite. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi pengaduan masyarakat ini adalah dengan model waterfall. Diharapkan dengan adanya aplikasi pengaduan masyarakat pada kota kediri dapat memudahkan masyarakat dalam menyampaikan kejadian yang berada dilingkunga Kota Kediri.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yoga Putra, lya rosita sari, Nina Wahyu Nurfiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License