Implementasi E-Learning Berbasis Multiplatform Pada Dunia Pendidikan Sebagai Solusi Dari Program MBKM
DOI:
https://doi.org/10.29407/stains.v1i1.1324Keywords:
E-Learning, Multi-Platform, MBKMAbstract
Abstrak – Dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang telah dilakukan di SMKN 2 Kota Madiun mempunyai tujuan untuk berbagi pengetahuan atau transfer knowledge mengenai penerapan E-Learning berbasis Multi-Platform sebagai pendukung dalam pelayanan pendidikan kepada tenaga pendidik agar dapat memahami dan berkemampuan untuk pengembangan pembelajaran sesuai yang dibutuhkan. Target khusus yang ingin dicapai adalah pemahaman dan kemampuan untuk menerapkan E-Learning berbasis Multi-platform sebagai pendukung pelayanan pendidikan dalam menerapkan program pemerintah yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di SMKN 2 Madiun. Sedangkan metode perancangan sistem menggunakan waterfall dan pengabdian kepada masyarakat berbentuk penyuluhan dengan penyampaian praktis melalui transfer ilmu dan sajian langkah-langkah pengembangan pada mata pelajaran berbasis E-Learning sehingga benar-benar dapat diterima dan menambah esensi pengetahuan dan keterampilan bagi tenaga pendidik. Pemberian materi berupa pemahaman mengenai E-Learning dan contoh mata pelajaran yang bisa digunakan untuk E-Learning telah menambah wawasan tenaga pendidik untuk dapat mengembangkan bahan ajarnya. Dari hasil penyuluhan ini Kepala Sekolah mengajak seluruh tenaga pendidik untuk dapat memanfaatkan pengetahuan dan wawasan barunya ini untuk dapat memenuhi harapan sekolah menjalankan program E-Learning bagi anak didiknya di tahun ajaran 2021/2022. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan penyuluhan ini sebagai acuan untuk meningkatkan SDM Tenaga Pendidik dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif sesuai dengan perkembangan zaman.
Kata Kunci — E-Learning, Multi-Platform, MBKM
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sekreningsih Nita, Andria, Faroh Muhammad Lukas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License