Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Smash Permainan Bola Voli Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi dan Modifikasi Media Pembelajaran pada Peserta Didik Kelas VII SMP N 2 Gondang Nganjuk Tahun Ajaran 2023/2024
PDF

Keywords

Bolavoli
gaya mengajar
model pembelajaran
metode pembelajaran
PTK

How to Cite

Darmawan, Y. A., Weda, W., & Ahmad Muharram, N. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Smash Permainan Bola Voli Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi dan Modifikasi Media Pembelajaran pada Peserta Didik Kelas VII SMP N 2 Gondang Nganjuk Tahun Ajaran 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 4(1), 1161–1172. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/5675

Abstract

Tujuan  Penelitian  ini  adalah  untuk meningkatkan hasil belajar smash bola voli pada peserta didik kelas VII SMP N 2 Gondang Nganjuk tahun ajaran 2023/2024 melalui penerapan gaya mengajar inklusi dan modifikasi media pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari   perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah Siswa Kelas VII SMP N 2 Gondang Nganjuk tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 26 peserta didik yang terdiri atas 14 peserta didik putra dan 12 peserta didik putri. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Hasil analisis data Dalam kondisi awal peserta didik yang tuntas 5 peserta didik atau 19,23%, yang tidak tuntas 21 peserta didik atau 80,77%. Pada siklus I peserta didik yang tuntas 12 peserta didik atau 46,15%, yang tidak tuntas 14 peserta didik atau 53,85% dan pada siklus II peserta didik yang tuntas 23 peserta didik atau 88,46%, yang tidak tuntas 3 peserta didik atau 11,54%. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa Model pembelajaran gaya mengajar inklusi dan modifikasi media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar smash bolavoli peserta didik kelas VII SMP N 2 Gondang Nganjuk Tahun Ajaran 2023/2024. Hal ini terbukti dengan analisis data yang telah dilakukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada tiap-tiap siklus. Melalui model pembelajaran gaya mengajar inklusi dan modifikasi media pembelajaran kelas VII SMP N 2 Gondang Nganjuk Tahun Ajaran 2023/2024, mampu meningkatkan hasil belajar smash bola voli.

PDF

References

Adi Suriatno dan Rusdiana Yusuf. (2020). MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR. JOURNAL SPORT SCIENCE, HEALTH AND TOURISM OF MANDALIKA (JONTAK) e-ISSN 2722-3116, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.36312/jontak.v1i2.233

Affandi, T. H., Bekti, R. A., & Allsabah, M. A. H. (2020). Survei Kondisi Fisik Dan Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli Di Klub Bolavoli Putri Mars 76 Kota Kediri Tahun 2020. SPRINTER : Jurnal Ilmu Olahraga, 1(1), 22–28.

Ahmadi, N. (2017). Panduan Olahraga Bola Voli. Era Pustaka Utama.

Anderson, D. (2018). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka.

Artobatama, I. (2019). Pembelajaran Stem Berbasis Outbound Permainan Tradisional. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 40. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15099

Beutelstahl, D. (2018). Belajar Bermain Bola Voli. Bandung : Pionir Jaya.

Dimyati, M. (2013). Belajar dan Pembelajaran - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/KONSEP_DASAR_BELAJAR_DAN_PEMBELAJARAN/GXz7DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Dimyati,+Mudjiono,+2013&pg=PA209&printsec=frontcover

Helista, C. N., Puspitasari, O., Prima, S. A., & Anggraini, Y. D. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Hergenhahn, B.R., Olson, M. H. (2018). Theories Of Learning (Teori Belajar). Kencana Prenada Media Group.

H.J.S, H. (2014). Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik dalam Olahraga dan kesehatan. Bandung; Alfabeta.

Husdarta, J.S. & Saputra, Y. M. (2018). belajar dan pembelajaran pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung : Alfabeta.

Khairul, A., Syibran, M., & Syarifah, R. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Digital dalam Proses Belajar Mengajar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 76–87.

Komara, E. (2019). Belajar dan Pembelajaan Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mark K Smith, Dkk. (2019). Teori Pembelajaran dan Pengajaran: Mengukur Kesuksesan Anda dalam Proses Belajar Mengajar Bersama Psikolog Pendidikan Dunia. Jogjakarta: Mirza Media Pustaka.

Muchlisin, M. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Augmented Reality Alat Uji Kuat Tekan Beton. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 8(1).

Muharram, N. A., & Kholis, M. N. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Servis Atas melalui Model Pembelajaran Problem Based Introduction dalam Permainan Bola Voli. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN CITRA BAKTI (JIPCB), 5(2), 103–107.

Muharram, N. A., & Kurniawan, W. P. (2019). Pengembangan Model Latihan Fartlek Untuk Meningkatkan Kemampuan Fisik Pemain Bolavoli (Studi Pengembangan Pada Pemain Bola Voli Putra Tingkat Intermediet Di Kota Kediri). JURNAL KOULUTUS, 2(1), 50–60.

Muharram, N. A., & Putra, R. P. (2019). Pengembangan Buku Saku Mobile Learning Berbasis Android Tentang Signal-Signal Wasit Bolavoli Kota Kediri.

Muharram, N. A., Suharjana, S., Irianto, D. P., Suherman, W. S., Raharjo, S., & Indarto, P. (2023a). Development of Tenda IOT174 Volleyball Learning to Improve Cognitive Ability, Fighting Power and Sportivity in College Students. Physical Education Theory and Methodology, 23(1), 15–20. https://doi.org/10.17309/tmfv.2023.1.02

Muharram, N. A., Suharjana, S., Irianto, D. P., Suherman, W. S., Raharjo, S., & Indarto, P. (2023b). Development of Tenda IOT174 Volleyball Learning to Improve Cognitive Ability, Fighting Power and Sportivity in College Students. Physical Education Theory and Methodology, 23(1), 15–20. https://doi.org/10.17309/tmfv.2023.1.02

Pratama, B. A., Junaidi, S., Allsabah, A. H., & Firdaus, M. (2020). Analisis serangan bolavoli ( Studi pada tim putra di Proliga 2019 final four seri Kediri ) Analysis of volleyball attacks ( Study on elite male teams in Proliga 2019 final four Kediri series ) PENDAHULUAN Mencapai kemenangan dalam pertandingan bolavoli da. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(2), 483–498.

Puspodari, & Nur Ahmad Muharram. (2020). POCKET BOOK DEVELOPMENT MOBILE LEARNING-IOT (INTERNET OF THINKING) BERBASIS ANDROID TENTANG SINYAL-SINYAL WASIT BOLA VOLI KOTA KEDIRI. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 72–79. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.1007

Rahardjo, M. M., & Maryati, S. (2021). Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rahyubi, H. (2018). Teori-Teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Roziandy, M., & Budiwanto, S. (2020). Pengaruh Latihan Naik Turun Bangku Terhadap Power Otot Tungkai pada Atlet Bolavoli Putri. Indonesia Performance Journal, 4(1), 36–40.

Sagala, S. (2018). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sartika, E. (2021). Pemanfaatan Media Digital Pada Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 11(2), 173–182.

Slam, Z. (2021). METODE PENELITIAN TINDAKAN KELAS (DILENGKAPI CONTOH PROPOSAL PTK DAN LAPORA... - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/METODE_PENELITIAN_TINDAKAN_KELAS_DILENGK/BxwoEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=penelitian+tindakan+kelas&printsec=frontcover

Sudjana, N. (2018). Dasar-dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.

Suherman, W. S. (2018). Kurikulum Pendidikan Jasmani dari Teori hingga Evaluasi Kurikulum. Depok : PT Rajagrafindo Persada. https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_kurikulum_matematika/-d4PAQAAMAAJ?hl=id&gbpv=1&bsq=Suherman,+dkk.+(2018:+37)&dq=Suherman,+dkk.+(2018:+37)&printsec=frontcover

Sujarwo. (2021). Scouting Statistik Bola Voli. Yogyakarta : UNY Press.

TC Mutohir, et, Al. (2013). Konsep Teknik Strategi dan Modifikasi. Surabaya: Graha Pustaka Media Utama.

Wijaya, M. A., & Kanca, I. N. (2019). Media Pembelajaran Aktivitas Pengembangan PJOK untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.26740/jossae.v4n1.p1-6

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0 Utilization Of E-Learning for Educators in Digital Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Zainuddin, Z. (2019). Exploring the Potential of Blended Learning and Learning Management Systems (LMSs) for Higher Education in Aceh. Englisia Journal, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22373/ej.v2i2.287

Downloads

Download data is not yet available.