Sistem Rekomendasi Penentuan Jam Tangan Pria Swiss Army Menggunakan Weighted Product dengan Analisis Regresi
pdf

Keywords

Swiss Army
Weighted Product
Regresi

How to Cite

Yumarlin M.Z., Jemmy E.B, & Mangge, A. . (2020). Sistem Rekomendasi Penentuan Jam Tangan Pria Swiss Army Menggunakan Weighted Product dengan Analisis Regresi. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(3), 211–218. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.88

Abstract

Jam Tangan Swiss Army merupakan brand jam tangan terkemuka, di Indonesia sendiri Swiss Army merupakan  merek  jam  tangan  yang  sudah  terkenal  di  pasaran.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  merancang  dan membangun sistem aplikasi yang  dapat memberikan rekomendasi jam tangan pria  Swiss  Army  kepada pengguna, menggunakan metode Weighted Product untuk memberikan solusi penentuan dalam memilih jam tangan pria Swiss Army  yang sesuai bagi konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode penelitian R & D (Research And Development). Dalam penelitian ini terdapat 2 pengujian yakni (a) kelayakan sistem dan (b) analisis kriteria dengan regresi. Dalam pengujian kelayakan sistem dilakukan melalui kuesioner, hasil yang didapat dari 15  orang responden memberikan nilai rata – rata skor untuk setiap pertanyaan ditinjau pada aspek user interface dengan rata –  rata 79 % dan aspek rekayasa sistem rata  –  rata 80 %, menunjukkan sistem rekomendasi jam tangan pria  Swiss Army  dikategorikan  layak  digunakan  oleh  user.   Terdapat  5  kriteria  yang  digunakan  dalam  membangun  sistem aplikasi  ini,   berdasarkan  hasil  pengujian   regresi  didapat   bahwa    nilai  regresi  (R)  sebesar  1.000   yang mengindikasikan  keseluruhan  kriteria  tersebut  sangat  mempengaruhi  terhadap  penentuan  jam  tangan  pria  Swiss Army.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.88
pdf

References

Agus, Wibowo. 2017. Sejarah Singkat Jam Tangan Swiss Army Original.https.medium@agusw651/Sejarah-singkat-jam-swiss-army-original225433, diakses pada 2 Juni 2020.

M, Rav,i Ashar., 2018 , Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Jam Tangan Swiss Army(Studi Kasus pada Konsumen SwissArmy di Adam Watch), skripsi, http://eprints.undip.ac.id/60951/1/04_ASHAR.pdf. diakses pada tanggal 3 juni 2020.

Hermawan, J. Membangun Decision Support System. Yogyakarta: CV.Andi Offset.2005

Monica, Claudia. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak.

Kusumadewi, Sri, Sri Hartati, Agus Harjoko, dan Retantyo Wardoyo. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Marbun M., GintingM., Krismoyo B.,“Penerapan metode WP penentuan penyidik Terbaik di SAT Narkoba polres deli serdang”. JURNAL SWABUMI vol.8 no.1, 95-99, 2020.

Arman, sundara T.A., stephene I., Fadli M., SPK Pemilihan Guru Terbaik Dengan Metode WP pada MAN 1 pariaman. JURNAL INFORMATIKA vol.6 no.2, 310-312,2019.

Nur, Arifah, S., Sutardi, S., Anita, Puspita. 2016 . Penerapan Metode Weighted Product Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Berbasis Web, semanTIK, Vol.2, No.1, ISSN : 2502-8928 (Online)

Iprice., 2020. Jam Tangan Swiss Army Pria. https://iprice.co.id/swiss-army/jam-tangan/pria/. diakses pada tanggal 4 juni 2020

Sugiono, P.D. 2017.Metode Penelitian Bisnis(3rded). Bandung: Alfabeta

Widoyoko. 2016. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka pelajaran./ PengertianAplikasi.html. Diakses pada 11 Maret 2019.

Ary, M. 2018. Analisis Korelasi dan Regresi Sederhana dengan SPSS 17.

Downloads

Download data is not yet available.