Analisis Peningkatan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dengan Metode Quality Function Deplyoment Dan Kaizen
PDF

Keywords

kepuasan kosumen
gap
Diagram Kartesius
IPA
QFD
Kaizen

How to Cite

Mandati, S. A. ., & Achmadi, F. . (2020). Analisis Peningkatan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dengan Metode Quality Function Deplyoment Dan Kaizen. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 119–128. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.467

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan, mengetahui atribut-atribut pelayanan yang diprioritaskan untuk dipertahankan dan diperbaiki dan memberikan usulan terhadap Bank XYZ cabang MPI. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu  QFD dan kaizen. Metode ini dipilih karena mudah dipahami, mempunyai instrumen yang jelas untuk melakukan pengukuran, dapat menilai kualitas jasa perusahaan sesuai dengan presepsi nasabah, dan dapat mengetahui harapan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan. Hasil penelitian ini pada dimensi reliability 0,10, dimensi responsiveness 0,03, dimensi assurance 0,01, dimensi empathy 0,03 dan dimensi tangibles -0,26. Dari analisa QFD atribut prioritas utama yang perlu diperbaiki diantaranya kesesuaian produk -0,19, pengisian form/slip -0,73, ketersediaan lahan parkir -0,24, ketersediaan fasilitas (wifi, music, tv dan toilet) -0,28. Sedangkan atribut yang perlu dipertahankan yaitu keramahan kepada kemampuan menganalisa masalah nasabah, keamanan simpanan di bank dan kesopanan kepada nasabah. Dari Analisa Kaizen dengan konsep PDCA diantranya menyediakan fasilitas wifi, music yang update, mengontrol toilet setiap tiga jam, memberi pengharum otomatis di toilet, ketersediaan tisu dan menyiapkan tempat sampah basah dan kering di toilet.

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.467
PDF

References

Badan Pusat Statistik. 2017. Lima Sektor Pertumbuhan Tertinggi Sepanjang 2016. Dilihat 14 September2017.<http://ekonomi.kompas.com/read/2017/02/06/133000826/bps.ini.lima.sektor.yang.catat.pertumbuhan.tertinggi.sepanjang.2016>

Brestada, M. 2013. Kualitas Pelayanan Pada Monopoli Resto and café dengan metode Servqual (Service Quality). Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Dantes, K.R. 2013. Kajian Awal Pengembangan Produk dengan Menggunakan Metode QFD (Quality Function Deployment) (Studi Kasus Pada Tang Jepit Jaw Locking Pliers). Jurnal Sains dan Teknologi 2(1): 173-183.

Dhongade, Manjeet Singh, Vivek A Shrouty. 2013. A Review Literature Survey for Implementation of Kaizen. International Journal of Engineering and Inovative Technology Vol 3 No 1.

Hamza, R.M.A. 2011. Enhancing Quality of Vocational Training Outcome to Satisfy the Labor Market Demands in Kuwait by Using Quality Function Deployment (QFD). Journal of Industrial Engineering and Management 4(2): 387-402.

Mahesweri, H dan Yuga R. 2015. Evaluasi Desain Operasi Pelayanan Perbankan (Studi Kasus pada BPRS Berkah Mulia Abadi). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Universitas Marcubuana Vol 1 No. 1

Nasution, A. H. 2006. Manajemen Industri. Penertbit ANDI. Yogyakarta. Hal 71.

Saparinto, C., Purnomowati, I. dan Hidayati, D. 2006. Keamanan Pangan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta. Hal 74.

Schiffman, G dan Kanuk, L. 2007. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. PT. Indeks. Jakarta.

Sukmawati, L. 2008. Kualitas Pelayanan di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Malang. Skripsi.Universitas Brawijaya. Malang.

Suryaningrat, I.B., Djumarti, Ruriana, E. dan Kurniawati, I. 2010. Application of Quality Function Deployment (QFD) Method for Quality Improvement of Corn Noodle Product. Jurnal Agroteknologi 4(1): 8-17.

Wijaya, T. 2011. Manajemen Kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano Disertai Contoh Aplikasi Dalam Kasus Penelitian. PT. Indeks. Jakarta. Hal. 15-82.

Zagloel, T.Y.M. dan Nurcahyo, R. 2013. Total Quality Manajemen: Manajemen Kualitas Total dalam Perspektif Teknik Industri. PT. Indeks. Jakarta. Hal 82-83.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Sri Amaliah Mandati, Fuad Achmadi

Downloads

Download data is not yet available.