ANALISIS SUPPLY CHAIN MANAJEMEN GUNA OPTIMALISASI DISTRIBUSI IKAN BANDENG
PDF

Keywords

Ikan Bandeng
supply chain managemen
biaya

How to Cite

Jakaria, R. B. ., & Rini, C. S. . (2020). ANALISIS SUPPLY CHAIN MANAJEMEN GUNA OPTIMALISASI DISTRIBUSI IKAN BANDENG . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 429–434. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.436

Abstract

Ikan bandeng adalah komoditi perikanan yang tersebar di beberapa lokasi tambak yang ada di sejumlah wilayah kecamatan di sidoarjo, dibandingkan dengan produk lain, ikan bandeng memiliki kekhasan yaitu umur penggunaan yang pendek serta tingkat kerentanan yang tinggi terhadap cuaca, sehingga diperlukan penanganan yang khusus dalam proses packaging dan penditribusiannya. Guna mempelajari konsep distribusi yang terintegrasi dari seluruh pihak pada setiap tahapan yang ada maka penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan kinerja supplier hingga customers dalam menghadirkan produk yang berkualitas guna terciptanya pemenuhan kebutuhan akan ikan bandeng oleh konsumen dengan biaya yang minimum dan service level yang maksimum. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis, yaitu merumuskan pola pemecahan masalah yang ada dan masa yang akan datang, berdasarkan data-data yang dikumpulkan untuk disusun, dijelaskan dan dianalisis. Sehingga akan memberikan solusi guna peningkatan potensi perikanan khususnya ikan bandeng di Sidoarjo.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.436
PDF

References

Cholik, F., A.G. Jagatraya., R.P. Poernomo dan A. Jauzi. 2005. Akuakultur Tumpuan Harapan Masa Depan Bangsa. Masyarakat Perikanan Nusantara (MPN) dengan Taman Akuarium Air Tawar TMII. Jakarta

Aziz A. F., Nematollahi, A., Siavash, & Saei-Dehkordi, S. 2013. Proximate composition and fatty acid profile of edible tissues of Capoeta damascina (Valenciennes, 1842) reared in freshwater and brackish water. Journal of Food Composition and Analysis, 32, 150-154.

Watanabe, K., Schuster, E, W. 2003. The Impact of e-Commerce on the Japanese Raw Fish Supply Chain.

Bourlakis, M, A., Weightman, P, H, W. 2004. Food Supply Chain Management. Blackwell Publishing.

Croom, S., Romano, R., Giannakis, M. 2000. Supply Chain Management : An Analytical Framework For Critical Literature Review. European Journal of Purchasing & Supply Management, 6:67-83.

Widodo Kuncoro Harto.dkk. 2011. Konsep Product-Relationship-Matrix Untuk Pengembangan Model Rantai Pasok Kelautan Dan Perikanan. Jurnal Teknologi Pertanian. Vol. 12. No. 2. Hal. 112-119.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Ribangun Bamban Jakaria, Chylen Setiyo Rini

Downloads

Download data is not yet available.