ALGORITMA DECISION TREE (C4.5) UNTUK MEMPREDIKSI KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN POLITEKNIK TEDC BANDUNG
PDF

Keywords

Data Mining
Decision Tree (C4.5)
Kepuasan Mahasiswa
Kinerja Dosen

How to Cite

Yuliana, A. ., & Pratomo, D. B. . (2020). ALGORITMA DECISION TREE (C4.5) UNTUK MEMPREDIKSI KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN POLITEKNIK TEDC BANDUNG. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 377–384. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.429

Abstract

Pelaksanaan evaluasi kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen di Politeknik TEDC Bandung dilaksanakan setelah ujian akhir semester berakhir, dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada mahasiswa, kemudian berkas kuesioner diserahkan kepada pihak Unit Penelitian Pengembangan dan Pengabdian pada Masyarakat (UPPM). Namun hasil kuesioner yang seharusnya diberikan kepada pihak Program Studi sebagai bahan evaluasi kepada dosen yang bersangkutan seringkali hanya terbengkalai dan tidak diproses lebih lanjut oleh pihak UPPM. Sehingga evaluasi melalui sebaran kuesioner dianggap tidak efektif dan tidak tepat sasaran. Untuk mengatasi permasalahan diatas penulis membuat alternatif dengan cara memanfaatkan teknik data mining untuk memprediksi kepuasan mahasiswa menggunakan metode decision tree (C4.5). Hal ini dilakukan untuk mengetahui hal-hal yang berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa yang sebelumnya belum diketahui dengan pasti, serta agar dosen mengetahui lebih awal indikator yang berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Indikator penilaian yang digunakan adalah tangible (bukti langsung), reability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Hasil penelitian berupa pola pohon keputusan yang akan menjadi rekomendasi kepada dosen yang mengajar di Politeknik TEDC Bandung. Hasil penelitian yang telah dievaluasi menggunakan cross validation, confusion matrix, t-test dan f-measure menunjukan bahwa metode decision tree (C4.5) lebih akurat dengan tingkat akurasi sebesar 94,62% dan nilai pengujian f-measure sebesar 96,99%.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.429
PDF

References

Undang Undang Republik Indonesia No. 14/2005, Tentang Guru dan Dosen.

Suarman, Sumarno, & Arum. (2011). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pembelajaran Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Riau. Pekbis Jurnal, Vol. 3 No. 3, pp. 549–559.

Sunjana. (2010). Aplikasi Mining Data Mahasiswa Dengan Metode Klasifikasi Decision Tree. Yogyakarta: Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.

Hartama, D. (2011). Model Aturan Keterhubungan Data Mahasiswa Menggunakan Algoritma C 4.5 Untuk Meningkatkan Indeks Prestasi. Tesis, Universitas Sumatera Utara, Sumatera Utara.

Adeyemo, A. B., & Kuye, G. (2006). Mining Students Academic Performance Using Decision Tree Algorithms. Journal of Information Technology Impact, Vol. 6 No. 3, pp. 161–170.

Swastina, L. (2013). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Penentuan Jurusan Mahasiswa. Gema Aktualita, Vol. 2 No. 1, pp. 2–3

Larose, D. T. (2005). Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. Hoboken, New Jersey: John Willey & Sons, Inc.

Kusrini, & Emha, T. L. (2009). Algoritma Data Mining. Yogyakarta: ANDI.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Ade Yuliana, Duwi Bayu Pratomo

Downloads

Download data is not yet available.