Abstract
Proses penilaian merupakan aspek penting dalam pembelajaran. Penilaian harus dilakukan secara benar agar dapat mengukur kemampuan peserta didik. Pada soal-soal yang digunakan untuk ujian pada program Studi Teknik Informatika Politeknik Kediri belum dilakukan pengklasifikasian soal berdasar tingkat kesulitannya. Sehingga pada proses penilaian tidak didasarkan atas pemberian soal-soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Pada tahun 1995, Benjamin Bloom telah memperkenalkan adanya proses pengklasifikasian soal berdasarkan tingkat kesulitannya, metode tersebut dinamakan Taksonomi Bloom. Proses pengklasifikasian soal sesuai level pada taksonomi bloom tidaklah mudah jika dilakukan secara manual. Proses otomatisasi klasifikasi perlu dilakukan ketika akan melakukan klasifikasi soal dalam jumlah yang banyak, misalkan pada proses pengklasifikasian soal pada bank soal. Otomatisasi dilakukan selain untuk mempersingkat waktu juga untuk mengurangi tendensi dari ahli pada pengklasifikasian soal. Proses klasifikasi dilakukan dengan pengidentifikasian fitur leksikal dan sintaktik sebagai proses ekstraksi fitur, kemudian hasil ekstraksi fitur diklasifikasikan menggunakan algoritma SVM. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat melakukan pengklasifikasian sejumlah soal berdasarkan taksonomi bloom menggunakan algoritma SVM. Aplikasi ini memiliki akurasi klasifikasi soal sebesar 86%.
References
A. A. Yahya and A. Osman, "Aotomatic Classification Of Questions Into Bloom's Cognitive Levels Using Support Vector Machines," pp. 1-6, 2011.
M. Taher, "Urgensi Taksonomi Bloom Domain Kognitif Versi Baru Dalam Kurikulum," Balai Diklat Keagamaan Medan, Medan, 2013.
S. F. Kusuma, D. Siahaan and U. L. Yuhana, "Automatic Indonesia’s Questions Classification Based On Bloom’s Taxonomy Using Natural Language Processing," in International Conference on Information Technology Systems and Innovation (ICITSI), Bandung, 2015.
A. Sangodiah, R. Ahmad and W. F. Ahmad, "A Review in Feature Extraction Approach in Question Classification Using Support Vector Machine," IEEE, pp. 536-541, 2014.
N. Omar, S. S. Haris, R. Hassan, H. Arshad, M. Rahmat, N. F. A. Zainal and R. Zulkifli, "Automated analysis of exam questions according to bloom’s taxonomy," Procedia - Social and Behavioral Sciences, pp. 297-303, 2012.
S. S. Haris and N. Omar, "A Rule-based Approach in Bloom’s Taxonomy Question Classification through Natural Language Processing".
D. A. Abduljabbar and N. Omar, "Exam Questions Classification Based On Bloom's Taxonomy Cognitive Level Using Classifiers Combination," Journal of Theoretical and Applied Information Technology, pp. 447-455, 2015.
N. Yusof and C. J. Hui, "Determination of Bloom's Cognitive Level of Question Items Using Artificial Neural Network," IEEE, pp. 866-869, 2010.
S. Raharjo and E. Winarko, "Klasterisasi, Klasifikasi dan Peringkasan Teks Berbahasa Indonesia," KOMMIT, pp. 391-401, 2014.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2020 Selvia Ferdiana Kusuma, Agustono Heriadi, Mohammad Farid Naufal