PERANCANGAN SISTEM PENJADUALAN KULIAH DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FT.UNTIRTA MENGGUNAKAN TEKNIK PEWARNAAN GRAPH ALGORITMA BACKTRACKING WELCH-POWELL
PDF

Keywords

pewarnaan graf
bilangan kromatik
penjadualan kuliah

How to Cite

Munarto, R. ., & Permata, E. . (2020). PERANCANGAN SISTEM PENJADUALAN KULIAH DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FT.UNTIRTA MENGGUNAKAN TEKNIK PEWARNAAN GRAPH ALGORITMA BACKTRACKING WELCH-POWELL. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 277–282. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.414

Abstract

Pewarnaan simpul graf adalah teknik mewarnai simpul-simpul pada graf sehingga tidak ada simpul-simpul yang bertetangga, yaitu terhubung langsung dengan minimal sebuah sisi, memiliki warna yang sama. Hal ini juga dikaitkan dengan penggunaan warna seminimal mungkin. Teknik pewarnaan simpul graf merupakan salah satu subjek yang menarik dan terkenal dalam bidang graf. Perencanaan jadwal di sini khususnya diterapkan pada pekerjaan-pekerjaan atau hal-hal yang saling terkait, misalnya hal-hal yang berlangsung pada waktu yang sama, atau pekerjaan yang menggunakan sumber daya yang sama. Dalam penelitian ini, permasalahan yang dibahas adalah pewarnaan simpul graph untuk penjadwalan mata kuliah. Pertemuan kuliah yang meliputi mata kuliah, dosen, dan ruang kuliah diidentifikasikan sebagai sebuah simpul (vertices). Setiap simpul dimana mata kuliahnya diajarkan oleh dosen yang sama atau diberikan pada ruang yang sama dihubungkan dengan sebuah busur (edges) yang berarti mata kuliah tersebut tidak dapat dilakukan secara bersamaan. Fungsi objektif dalam pewarnaan simpul graph adalah meminimumkan konflik pewarnaan, yaitu simpul-simpul bertetangga yang berwarna sama.Hasil pewarnaan simpul graph merupakan solusi penjadwalan kuliah dimana simpul-simpul yang berwarna sama merepresentasikan mata kuliah dapat dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan dan jumlah warna yang didapat merupakan jumlah sesi perkuliahan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.414
PDF

References

Astuti, Setia. 2011. Penyusunan Jadwal Ujian Mata Kuliah dengan Algoritma Pewarnaan Graf Welch-Powell, Jurnal Dian Vol.11 No.1 Januari 2011.

Astuti, Setia. 2011. Penyusunan Jadwal Ujian Mata Kuliah dengan Algoritma Pewarnaan Graf Welch-Powell, Jurnal Dian Vol.11 No.1 Januari 2011.

Deo, Narsingh. 1974. Graph theory with application to engineering and computer scienc, McGraw-Hill, New York

Goodaire, E.G dan M. M. Parmenter. 1998. Discrete Mathematics with Graph Theory. New Jersey : Prentice-Hall.

Hariyanto, Bambang. 2003 Struktur Data Bandung. Informatika

Munir, Rinaldi. 2012. “Matematika Diskrit Revisi ke-5”. Bandung: Informatika

Rosen, Kenneth, H 1999), Discrete and Combinatorial Matematics, 8, 495-557. CRC Press.

Tasari. Aplikasi Pewarnaan Graf pada Penjadwalan Perkuliahan di Program Perkuliahan Pendidikan Matematika UNWIDHA Klaten. Magistra (2014) No.82. ISSN.0215-9611.

.

Suryadi, Didi, dan Nanang Priatna. “Pengantar Dasar Teori Graph”.

Yahya, N.I. dkk. Penerapan Konsep Graf dalam Penyusunan Jadwal Perkuliahan di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNG.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Ri Munarto, Endi Permata

Downloads

Download data is not yet available.