MODEL TRANSPORTASI TERPADU KOTA BANDUNG BERBASIS RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID)
PDF

Keywords

Model Transportasi Terpadu
RFID
Sistem Tiket
Ticketing
Transportasi

How to Cite

Afrianto, I. ., Maulana, H. ., & Dwi Agustia, R. . (2020). MODEL TRANSPORTASI TERPADU KOTA BANDUNG BERBASIS RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 127–136. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.392

Abstract

Bus dan Kereta Api adalah contoh dari sekian banyak moda transportasi publik yang dapat digunakan oleh masyaraka. Di kota Bandung kurangnya jumlah transportasi public tersebut  mengakibatkan penumpukan penumpang sering terjadi di jam-jam sibuk seperti pagi hari atau jam-jam pulang kantor. Antrian panjang di loket-loket pembelian tiket dan maraknya calo adalah faktor ketidaknyamanan pengguna transportasi public. Kendala tersebut mengakibatkan warga masyarakat cenderung lebih memilih menggunakan transportasi pribadi  sehingga menimbulkan kemacetan. Solusi untuk mengatasi menumpuknya penumpang dan antrean panjang di loket-loket sarana transportasi publik adalah penerapan teknologi RFID card pada sistem ticketing Penggunaan RFID card diharapkan mampu  mengubah sistem ticketing yang di anggap kurang efektif, sehingga warga hanya membutuhkan satu kartu pembayaran untuk semua jenis kendaraan umum baik bus maupun kereta api. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu menggambarkan kondisi permasalahan transportasi di kota Bandung – khususnya untuk angkutan umum bus dan kereta api, mengusulkan suatu model sistem transportasi terpadu menggunakan sistem dan teknologi informasi RFID serta memberikan usulan perbaikan rute/trayek angkutan publik agar dapat mengatasi perpindahan penumpang dari berbagai moda transportasi (Bus - kereta Api atau sebaliknya)

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.392
PDF

References

. Yusup, Moch., dan Miharja,Miming. 2013. Kajian Potensi Peningkatan Pelayanan Stasiun Cicalengka. Jurnal Internal Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota SAPPK ITB Volume 2 Nomor 2 Juli 2013 Hal. 301-307, Bandung.

. Ariansyah, Kasmad. 2012. Minat masyarakat terhadap layanan Near Field Communication (NFC) komersial di Indonesia publik interest on commercial near field communication (nfc) service in Indonesia. Jakarta.

. Dudi, Budiman. 2009. Penentuan Struktur Dan Besar Tarif Trans Metro Bandung Koridor Jalan Soekarno Hatta Berdasarkan Pola Pergerakan Dan Kemampuan Membayar Masyarakat. Bandung.

. Tamin, Ofyar Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. ITB. Bandung.

. Miro, Fidel. 2002. Perencanaan Transportasi. Erlangga. Jakarta.

. Morlok, E. K. 1991. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Erlangga. Jakarta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Irawan Afrianto, Hanhan Maulana, Richi Dwi Agustia

Downloads

Download data is not yet available.