Analisis Sistem Penentuan Jumlah Produksi Dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire
PDF

Keywords

usability
jumlah produksi
user experience questionnaire

How to Cite

Karaman, J., & Aliyadi, A. (2023). Analisis Sistem Penentuan Jumlah Produksi Dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(3), 1403–1414. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i3.3874

Abstract

Dalam suatu produksi, penentuan jumlah produksi harus diperhitungkan dengan baik. Hal ini mencegah terjadinya kelebihan produksi yang dapat mengakibatkan kerugian. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk membantu industri rumahan dalam menentukan jumlah produksi adalah dengan menggunakan suatu sistem. Untuk mengetahui efektifitas dari sistem tersebut, maka sistem perlu dianalisis. Penelitian ini menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Metode ini menganalisis sistem dengan memperhatikan 6 aspek, yaitu Daya Tarik (Attractiveness), Efisiensi (Efficiency), Kejelasan (Perspicuity), Ketepatan (Dependability), Stimulasi (Stimulation), dan Kebaruan (Novelty). Untuk menunjang kemudahan analisis sistem, diperlukan beberapa data. Sebanyak 35 orang bertindak sebagai responden. Responden diberikan kuesioner yang berisikan 26 pernyataan yang telah disesuaikan dengan metode UEQ. Analisis data menggunakan perhitungan metode UEQ. Adapun hasil penelitian diketahui bahwa aspek Daya Tarik (Attractiveness), Efisiensi (Efficiency), Kejelasan (Perspicuity) dan Stimulasi (Stimulation) memiliki kriteria “Sangat Baik”. Kriteria Ketepatan (Dependability) memiliki kriteria “Di bawah rata-rata” dan aspek Kebaruan (Novelty) memiliki kriteria “Baik”.

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i3.3874
PDF

References

P. W. Arnold, P. Nainggolan, and D. Damanik, “Analisis Kelayakan Usaha dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Tempe di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Sianta Sitalasari,” J. Ekuilnomi, vol. 2, no. 1, pp. 29–39, 2020.

S. L. Sulistiani, “Analisis Kelayakan Usaha dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Tempe di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari,” Law adn Justice, vol. 3, no. 2, pp. 91–97, 2019.

D. W. Kurniawan, “Analisa Pengelolaan Pangan Ikan Lele Guna Efisiensi Biaya Produksi Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan,” IQTISHADequity J. Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 54–67, 2020.

F. I. Adyatami, “Studi Manajemen Produksi Batik Tanah Liek Citra di Kabupaten Dharmasraya,” J. Tata Kelola Seni, vol. 6, no. 2, pp. 77–85, 2020.

S. Syahidin and E. Erma, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Sere Wangi Di Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues.,” Gajah Putih J. Econ. Rev., vol. 3, no. 2, pp. 76–88, 2021.

Situmorang, E. and F. Rindari, “Decision Suport System For Selection Of The Best Doctors In Sari Mutiara Hospital Using Fuzzy Tsukamoto Method,” J. Tek. Inform. CIT Medicom, vol. 11, no. 2, pp. 45–50, 2019.

Juniantari, N. K. R. and I. N. T. A. Putra, “Analisis Sistem Informasi Dpmptsp Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” J. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 31–37, 2021.

S. R. Henim and R. P. Sari, “Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire,” J. Komput. Terap., vol. 6, no. 1, pp. 69–78, 2020.

Y. Sari and M. Arafah, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik Dosen Menggunakan User Experience Questionnaire dan Heuristic Walkthrough,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 5, no. 2, pp. 247–253, 2021.

N. Asnawi, “Analisa Usability Aplikasi e-LMA Sebagai e-Learning Menggunakan Metode USE Questionnaire,” J. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 4, no. 2, pp. 131–141, 2021.

J. Karaman, “Analisis Usability Aplikasi Cizgi Rent A Car Berbasis Mobile Menggunakan Metode WEBUSE,” J. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 3, no. 2, pp. 93–100, 2020.

Noor, A. and E. L. Hadisaputro, “Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 4, pp. 672–677, 2022.

F. R. B. Atmojo and F. A. Sutanto, “Sistem Prediksi Jumlah Produksi Olahan Ternak Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto (Studi Kasus Pt. Bhumi Pandanaran Sejahtera Unit Rumah Potong Hewan),” J. NUANSA Inform., vol. 17, no. 1, pp. 188–195, 2023.

R. Adityawan, “Kombinasi Metode Certainty Factor dan Fuzzy Tsukamoto dalam Pradiagnosa Penyakit Gagal Ginjal Kronis,” 2023.

F. H. S. Ramadhani, “ANALISA WEBSITE SISTEM AKADEMIK INSITUT BISNIS DAN TEKNOLOGI MENGGUNAKAN METODE UEQ (USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE),” J. SATYA Inform., vol. 8, no. 01, pp. 95–103, 2023.

T. K. Maharputrananda, R. Febriana, and Priyono, “Pengembangan aplikasi perhitungan harga jual berbasis Android pada bidang usaha roti,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 232–244, 2022.

F. F. Alawiyah and D. S. Canta, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Shopee Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 4, pp. 344–350, 2022.

Alim, Z. Z., Sucipto, S. s, & Firliana, R. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna E-Commerce Menggunakan Metode Service Quality. RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management, 5(2). https://doi.org/10.25273/RESEARCH.V5I2.13605

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Jamilah Karaman, Aliyadi

Downloads

Download data is not yet available.