PENGEMBANGAN DATA WAREHOUSE UNTUK MENDUKUNG REPORT PENGADAAN DI INSTANSI PEMERINTAHAN
PDF

Keywords

data warehouse
pengadaan
web report

How to Cite

Hidayat, L. ., Erna Permanasari, A. ., & Ardiyanto, I. . (2020). PENGEMBANGAN DATA WAREHOUSE UNTUK MENDUKUNG REPORT PENGADAAN DI INSTANSI PEMERINTAHAN. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 115–126. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.359

Abstract

Pengadaan barang/jasa pemerintah adalah kegiatan untuk memperoleh barang/jasa yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai diselesaikannya seluruh kegiatan. Proses pengadaan di pemerintahan saat ini memasuki sebuah babak baru, yaitu dengan mulai diterapkannya pengadaan berbasis elektronik (e-procurement). Untuk melakukan kegiatan monitoring, audit dan memenuhi kebutuhan akses informasi yang real time diperlukan laporan (report) secara berkala terkait pengadaan dengan cepat dan akurat. Karenanya, diperlukan teknologi data warehouse yang dapat mengintegrasikan database serta dapat mempercepat proses pengumpulan data untuk penyajian infomasi yang multidimensi (dapat dilihat dari berbagai sudut pandang) dan ringkas, namun memiliki daya guna yang tinggi sehingga dapat membantu stakeholder dalam proses pengambilan keputusan. Data warehouse merupakan data yang bersifat subject oriented, integrated, non-volatile atau tidak mengalami perubahan dan time variant (data diambil dalam periode waktu tertentu secara periodik). Pada penelitian ini dilakukan pengembangan data warehouse untuk mendukung web report pengadaan dengan memanfaatkan data pengadaan secara e-tendering dan e-purchasing di Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Dengan adanya dukungan dan peran teknologi informasi diharapkan dapat mewujudkan clean and good government dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.359
PDF

References

E. Asliana, “Jurnal Ilmiah ESAI Volume 6 , Nomor 1 , Januari 2012 ISSN No . 1978-6034 Pengadaan Barang dan Jasa di Indonesia,” vol. 6, no. 1978, 2012.

M. T. Hadisaputra, “Porsi anggaran pengadaan barang/jasa pada APBN,” J. Pengadaan, vol. 2, no. 2, pp. 18–37, 2012.

A. S. Lubis, “Prinsip-Prinsip Pengadaan Barang/Jasa Apakah Harus Dipedomani?,” 2014. [Online]. Available: http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/147-artikel-anggaran-dan-perbendaharaan/19693-artikel-prinsip-prinsip-pengadaan-barang-jasa-apakah-harus-dipedomani. [Accessed: 22-Jan-2017].

Ibrahim, N. Setyabudi, and T. H. Astuti, “Perancangan Data Warehouse pada Pusat Data dan Informasi Pertanian,” 2004.

P. Deitel and H. Deitel, Java: How to Program, 9th ed. Pearson, 2012.

V. Rainardi, “Building a Data Warehouse With Examples in SQL Server,” p. 523, 2008.

W. H. Inmon, “Building the Data Warehouse . 4th Edition,” 2005.

R. Kimball, The Data Warehouse ETL Toolkit: Practical Techniques for Extracting, Cleaning Conforming, and Delivering Data. Wiley, 2004.

T. C. Hammergren, Data Warehousing For Dummies, 2nd Edition. 2009.

V. Poe, Building a Data Warehouse for Decision Support. Prentice Hall PTR, 1996.

Kusnawi, “Tinjauan Umum Metode Pendekatan Dashboard pada Proses Business Intelligence,” 2010.

S. Few, “Eenie , Meenie , Minie , Moe : Selecting the Right Graph for Your Message,” pp. 1–8, 2004.

P. Lane, “Oracle ® Database,” vol. 2, no. December, 2005.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Luky Hidayat, Adhistya Erna Permanasari, Igi Ardiyanto

Downloads

Download data is not yet available.