Abstract
Yayasan Sekolah Ekspor Nasional atau Sekolah Ekspor merupakan perusahaan layanan pendidikan berbasis teknologi yang beroperasi di Indonesia. Sekolah Ekspor menyediakan layanan pendidikan, dalam bentuk pembelajaran secara online melalui media website. Dalam menunjang bentuk pembelajaran online melalui website, terdapat beberapa fitur yang tersedia didalam website dan dapat digunakan oleh pengguna diantaranya materi, kumpulan soal latihan dan asynchronous learning atau ASL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian usability menggunakan USE Questionnaire dengan pengumpulan data primer dilakukan degan kuesioner. Hasil rekap nilai atribut terkecil pada aspek Easy of Learning (kemudahan mempelajari) yaitu mendapatkan nilai 79,2 % sedangkan pniai tertiggi terletak pada aspek Usefulness (kegunaan) yaitu mendapatkan 86,1 %. Dan total keseluruhan perhitungan usability website e-learning sekolah ekspor mendapatkan nilai 81,1 % berarti website E-learning Sekolah Ekspor masuk dalam kategori sangat layak digunakan.
References
R. G. R. I. Z. Afriyudi, “PENGEMBANGAN RANCANGAN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS LKP PALCOMTECH)”.
V. P. Sabandar and H. B. Santoso, “Evaluasi Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar Menggunakan Metode Usability Testing,” Teknika, vol. 7, no. 1, pp. 50–59, 2018.
D. Karlina and D. R. Indah, “Perancangan User Interface dan User Experience Sistem Informasi E-learning Menggunakan Design Thinking,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 3, pp. 580–596, 2022.
N. Asnawi, “Pengukuran usability aplikasi google classroom sebagai E-learning menggunakan USE questionnaire (studi kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA),” Research: Journal of Computer, Information System & Technology Management, vol. 1, no. 1, pp. 17–21, 2018.
W. A. Kusuma, V. Noviasari, and G. I. Marthasari, “Analisis Usability dalam User Experience pada Sistem KRS Online UMM menggunakan USE Questionnaire,” Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), vol. 5, no. 4, Dec. 2016, doi: 10.22146/jnteti.v5i4.277.
E. R. Nainggolan and others, “Pengujian Usability Sistem Informasi Pelayanan Rukun Warga Menggunakan Use Questionnaire,” Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, vol. 3, no. 4, pp. 27–34, 2018.
D. T. Saputri, N. Brasit, and N. Kadir, “The Effect of Organizational Capability to Implementation of Operating Strategies in Improving Company Performance (Case Study on Development Process Plant PT Vale Indonesia Tbk),” Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, vol. 1, no. 4, pp. 21–28.
D. R. Rahadi, “Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire pada aplikasi android,” JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), vol. 6, no. 1, 2014.
V. Sahfitri and M. Ulfa, “Evaluasi usability sistem E-learning sebagai aplikasi pendukung proses pembelajaran di perguruan tinggi menggunakan use questionnaire,” Jurnal Ilmiah MATRIK, vol. 17, no. 1, pp. 53–66, 2015.
A. Z. Al Luthfi, “Analisa Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Metode Use Questionary pada Aplikasi Duolingo,” Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK) Vol, vol. 5, no. 2, 2021.
D. A. Saputra, S. Sucipto, and T. Andriyanto, “Analisis Kualitas Website Sistem Informasi Akademik Universitas Nusantara PGRI Kediri,” RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management, vol. 5, no. 1, pp. 17–22, Apr. 2022, doi: 10.25273/RESEARCH.V5I1.9350.
K. K. Mulyono, A. S. Wardani, and S. Sucipto, “Pengukuran Kesuksesan Website Universitas Menggunakan Metode Delone and Mclean,” JSITIK: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 64–76, Dec. 2022, doi: 10.53624/JSITIK.V1I1.178.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Mochammad Khirul Rizal, Abdullah Kafa Bihi, Fina Dhiannisa, Gesti Dwi Fajarsari