OPTIMALISASI SISTEM KEAMANAN JARINGAN WIRELESS MENGGUNAKAN FIREWALL FILTERING MAC ADDRESS DI CV. MULTI KARYA
PDF

Keywords

Jaringan
Sistem Keamanan
WLAN

How to Cite

Putra, M. D. R. ., & Rosid, M. A. (2022). OPTIMALISASI SISTEM KEAMANAN JARINGAN WIRELESS MENGGUNAKAN FIREWALL FILTERING MAC ADDRESS DI CV. MULTI KARYA. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(1), 177–184. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2473

Abstract

Jaringan keamanan WLAN merupakan hasil dalam suatu bentuk pengelola jaringan maupun Network administrator agar dapat menegatahui tingkat keamanan dalam sebuah jaringan yang tersedia.. Tujuan Penelitian  mengoptimalisasi system jaringan yang berfungsi untuk mendeteksi mac address filtering untuk meminimalisir serangan attacker yang berbahaya maupun dari wireless attack lainnya dengan metode ini dapat membantu sebuah administrator jaringan di instansi maupun organisasi tertentu sehingga mempunyai wadah dalam menanggulangi serangan – serangan cyber dari segi jaringan WLAN maupun jaringan kabel.. Hasil Penelitian yang dimana Sistem Keamanan jaringan wireles menggunakan filtering Mac Address mampu memblock terhadap attacker menggunakan suatu keamanan pada router dimana dengan ini user yang ingin masuk kedalam Jaringan Wireless selalu terdeteksi keamanan nya. Sistem keamanan jaringan ini memiliki verifikasi hak akses 2 (kali) dengan menyesuaikan username dan password didalam hotspot lohin dengan physical address dari user tersebut, jadi setiap client yang ingin terhubung ke jaringan internet ini haruslah menggunakan perangkat yang telah didaftarkan Mac Address nya dan sesuai dengan hak akses dan password yang ada di dalam Hotspot login

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2473
PDF

References

Abdul Fadlil, Imam Riadi, & Sukma Aji. (2017). Analisis Jaringan Forensik. Pengembangan Sistem Pengamanan Jaringan Komputer berdasarkan Forensik Jaringan, 12-13.

Faidzin Ridho,dkk. (2016). Analisis forensik router. Analisis forensik router mendeteksi serangan DDOS secara real time, 111-112.

Firmansyah,Rusydi Umar,dkk. (2021). Identifikasi forensik jaringan. Identifikasi Bukti Forensik Jaringan Virtual Router Menggunakan Metode NIST, 91-98.

Gilvan januar sirait. (2018). keamanan jaringan wireless. analisis keamanan jaringan wireless LAN Menggunakan metode Extended Acess List, 3-5.

Joko Dwi Santoso. (2016). Keamanan jaringan nirkabel. Keamanan Jaringan Menggunakan wireless Intrusion Detection System, 44-50.

Mochammad Gilang Ari wibowo,dkk. (2016). keamanan jaringan wireless. keamanan jaringan wireless dari serangan wlan, 2-3.

Tashia. (2017). Keamanan Jaringan Internet dan Firewall. Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo Republik Indonesia.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Muhammad Dhiqfan Ranca Putra; Mochammad Alfan Rosid

Downloads

Download data is not yet available.