Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru dan Siswa Terbaik di SMK Intensif Baitussalam
PDF

Keywords

Guru
Sistem Pendukung Keputusan
Siswa
Terbaik

How to Cite

Agama, K. B. . (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru dan Siswa Terbaik di SMK Intensif Baitussalam . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(1), 254–259. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.206

Abstract

SMK Intensif Baitussalam telah menerapkan sistem penilaian guru dan siswa. Sistem penilaian tersebut bertujuan untuk menentukan guru dan siswa terbaik dalam meningkatan mutu pendidik yang berkompeten dan memberikan pendidikan kepada siswa untuk memunculkan bibit siswa . Sistem yang masih manual menjadi kendala dalam menentukan guru dan siswa terbaik . Solusi dari penelitian ini yaitu pemanfaatan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) atau dikenal dengan istilah metode penjumlahaan terbobot. Konsep dasar metode Simple Additive Weighting adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatife pada semua atribut. Metode  Simple Additive Weighting membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada. Berdasarkan uraian dari masalah yang sudah disampaikan, mampu mengetahui peringkat guru dan siswa terbaik dengan akurat, pada kasus ini guru dengan nilai tertinggi 0,83778 dan siswa nilai tertinggi 1,13400 dan diketahui ranking pada setiap guru dan murid , maka dapat disimpulkan bahwa metode Simple Additive Weighting (SAW) dapat lebih efisien dibandingkan dengan sistem manual.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.206
PDF

References

Setiawan, A.B., Fatkhur Rohman. 2015. Sistem Penilaian Dosen Teladan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Prosiding Semnasteknomedia. Yogyakarta. .

Damayanti, Evita A., A,B Setiawan, Juli Sulaksono. 2014. Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Prosiding Semnasteknomedia. Yogyakarta.

Kasih, Patmi, R., Firliana, Y., Lestari. 2015. Aplikasi Penghitung Point Pelanggaran Siswa Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Bagi Badan Konseling Sekolah Dengan Simple Additive Weighting. Nusantara of Engineering.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Kukuh Bela Agama

Downloads

Download data is not yet available.